Apakah Begadang Bisa Membuat Gemuk?

Seperti lagunya “begadang jangan begadang bila tak ada artinya”, jadi Anda tidak boleh bergadang kalau tidak ada artinya atau manfaatnya. Kurang tidur adalah salah satu dari banyaknya bahaya begadang yang bisa berdampak pada kehidupan seksual, kemampuan mengingat, kesehatan, penampilan hingga berat badan.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebisa mungkin jauhi kebiasaan begadangya, karena ternyata begadang membuat nafsu makan yang lebih tinggi dan tidak dapat mengontrol nafsu makan.

Jadi apakah begadang bisa membuat seseorang gemuk? iya bisa karena nafsu makan yang meningkat akibat begadang dan porsi makan yang tidak tepat sesuai dengan jamnya, membuat Anda kewalahan dalam mengatasi nafsu makan yang berlebihan.

Baca juga  Harga Standar Swab Test Akan Segera Ditetapkan Pemerintah

Penelitin yang diterbitkan dalam jurnal obesity menulis bahwa efek dari begadang terhadap pola makan dapat membuat seseorang berisiko lebih tinggi kegemukan. Masalah kesehatan akibat begadang adalah bisa menyebabkan depresi. Masalah inilah yang membahayakan kesehatan tubuh pada saat begadang.

Berikut ini jenis vitamin yang bisa Anda konsumsi agar terhindar dari begadang.

imgae: unsplash
  • Vitamin B6

Vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air yang dapat ditemukan dalam beragam makanan serta suplemen makanan. Vitamin B6 membantu produksi triptofan dalam tubuh. Asam amino triptofan diperlukan untuk menghasilkan serotonin, yang merangsang tidur lebih nyenyak.

  • Vitamin B12
Baca juga  Penyebab Psoriasis Dapat Memburuk

Vitamin B12 meningkatkan peroduksi melatonin yaitu hormon yang mendukung tidur yang sehat. Vitamin B12 juga larut dalam air, dan tersedia dalam produk hewani dan sebagai suplemen.

  • Vitamin D dari sinar matahari

Vitamin D yang rendah meningkatkan risiko penyakit dan peradangan yang menyebabkan kurang tidur, serta meningkatkan risiko sleep apnea. Anda bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin D dengan menikmati cahaya matahari 15 menit di pagi hari.

(DT)

Translate »