Tahukah Anda Tempat Pertama Kali Dibacakannya Proklamasi Oleh Ir Soekarno?

Sabtu, 17 Agustus 2019 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74. Tahukah Anda tempat yang saat itu dijadikan Ir. Soekarno untuk membacakan naskah proklamasi? Ya, biasanya orang menyebutnya Jl Pegangsaan Timur No. 56, dimana saat ini bernama Tugu Proklamasi. Tugu tersebut berdiri di tanah lapang kompleks Taman Proklamasi di Jl Proklamasi.

Wisata Tugu Proklamasi ini berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Tempat ini biasanya ramai dengan wisatawan baik hari libur maupun hari biasa. Ternyata, wisata Tugu Proklamasi ini memiliki daya tarik salah satunya ialah tempat dibacakannya naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia saat itu. Beberapa tahun ini, Tugu Proklamasi sering dijadikan untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, serta menjadi tempat perkumpulan demonstran yang ingin memberikan aspirasi kepada Negara Indonesia.

Baca juga  BAZNAS Menggelar Donasi #perempuanberdaya Didukung Oleh Kami Idea

Taman ini dibangun dengan luas 4 hektar, salah satu bagian utama dari Tugu Proklamasi ini merupakan hadiah atas 1 tahun kemerdekaan Indonesia yang dibangun pada tahun 1946. Fasilitas yang tersedia di Tugu Proklamasi ini pun ialah area parkiran, hotel, toilet, tempat istirahat, taman, tempat sejarah, dan sebagainya. Tempat ini pun sangat cocok untuk dijadikan pilihan tempat liburan di weekend ini bersama keluarga sekaligus memperkenalkan si anak mengenai sejarah negaranya sendiri, yaitu Indonesia. Alangkah baiknya, jika Scarflover penasaran dan ke tempat ini, perlu mempersiapkan beberapa keperluan seperti bekal makanan dan minuman, kamera untuk berfoto, tissue, obat-obatan, dan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya

Baca juga  Kekinian! Intip Para Hijaber Padupadankan Vest untuk Gaya Busananya

(Penulis : DA)

Translate »