Viral #AgeChallenge di FaceApp, Anda Harus Berhati-hati!

Sudah kita ketahui, saat ini di media sosial khususnya Instagram sedang viral mengenai aplikasi yang dapat merubah wajah kita menjadi lebih tua atau lebih muda. FaceApp merupakan aplikasi yang dibuat oleh startup asal Rusia bernama Wireless Lab, yang dirilis pada tahun 2017. Tahukah Scarflover? Ternyata terdapat beberapa bahaya di balik Age Challenge. Selanjutnya, seperti apakah bahayanya? Sebagian dari kita yang mengikuti tren seperti ini pasti terlihat mengasyikkan, seru, dan kekinian, walaupun begitu, bagi pengguna diharuskan berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ini. Pasalnya FaceApp ternyata bisa menyimpan, menyebarkan, bahkan menjual foto penggunanya untuk tujuan komersial meski fotonya sudah kita hapus. Hal ini tertulis pada bagian persetujuan dan ketentuan pemakaian aplikasi FaceApp. Tetapi, terkadang pengguna jarang membacanya karena terlalu panjang, oleh sebab itu pengguna cenderung tergesa-gesa menekan tombol agree supaya bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut.

Baca juga  Kemenparekraf Gelar Islamic Creative Economy Funder Fund

Berikut lisensi yang dikeluarkan pihak FaceApp:

Anda memberikan FaceaApp lisensi yang berlaku selamanya, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalty, dibayar penuh untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, memublikasikan, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, memajang karya dihadapan publik, dan menampilkan konten milik Anda dengan nama, nama pengguna, atau bentuk apapun yang diberikan dalam semua format dan saluran media, tanpa kompensasi kepada Anda. Dengan menggunakan layanan ini, Anda setuju bahwa konten milik pengguna dapat digunakan untuk tujuan komersial. Anda selanjutnya mengakui bahwa penggunaan konten untuk tujuan komersial FaceApp tidak akan mencederai Anda, atau orang yang Anda beri wewenang untuk bertindak atas namanya.”

Dalam hal ini, seharusnya pengguna diharapkan untuk lebih sadar mengenai ini. Setelah memiliki hak penuh atas foto Scarflover, FaceApp berhak melakukan apapun, termasuk menyebarkan, menjual untuk keperluan komersial tanpa harus meminta izin atau memberikan kompensasi kepada Scarflover. Walaupun Scarflover telah menghapus foto, FaceApp tetap bisa menyimpan foto Scarflover di server miliknya.

Baca juga  Turun Hujan? Ini Manfaatnya Dalam Islam

Bagaimana Scarflover? Apakah tetap ingin mencoba FaceApp untuk mengikuti trend?

(Penulis : DA)

Translate »