7 Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Mempunyai rambut indah adalah impian setiap wanita. Untuk wanita berhijab masalah rambut tidak akan menjadi suatu hal yang krusial, karena rambut akan selalu dalam keadaan tertutup dan tidak terkena panas matahari langsung. Tetapi walaupun dalam keadaan tertutup rambut juga dapat mengalami kerusakan, karena kurangnya udara yang mengalir pada rambut.

Ada beberapa cara perawatan mudah yang dapat scarflover lakukan untuk merawat rambut yang berhijab.

1. Biarkan Rambut Bernafas

Sebagai seorang wanita yang memakai hijab, pasti rambut sering sekali diikat, dikonde, atau dijepit dibawah jilbab seharian. Jika sudah sampai dirumah biasakan rambut digerai sehingga membuat rambut dan kulit kepala bernafas. Tetapi jika scarflover suka memakai hijab di rumah, coba untuk memakai hijab yang agak longgar sehingga rambut masih dapat menyerap oksigen di sekitar.

2. Pilih Shampoo Yang Sesuai

Memakai hijab seharian dapat membuat rambut cepat lepek dan gatal karena keringat yang menempel pada kulit kepala. Kebanyakan wanita berhijab suka keramas setiap hari untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Tetapi keramas setiap hari tidak direkomendasikan, karena akan menghilangakan natural oil yang terdapat di kulit kepala dan dapat menyebabkan rambut jadi cepat kering. Sebaiknya gunakan conditioner sehabis keramas untuk membuat rambut lembab. Jika tidak ada waktu bisa gunakan dry shampoo sebagai alternatif. Sebaiknya pilih produk yang menggunakan bahan natural seperti coconut oil dan argan oil, pemakaian produk ini dapat membuat rambut lembab dan bersinar alami.

Baca juga  5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Wajah

3. Ketahui Tipe Rambut

Setiap muslimah mempunyai tipe rambut yang berbeda – beda, ada yang lurus, bergelombang, dan keriting, ini membuat perawatan rambut yang digunakan harus berbeda pula. Jika scarflover mempunyai rambut lurus sebaiknya hindari keramas setiap hari dan disarankan untuk menggunakan conditioner 4-5 kali seminggu. Sedangakan untuk rambut scarflover yang bergelombang dan keriting lebih baik keramas seminggu 3 kali dan pemakaian conditioner 1-2 kali seminggu. Jangan lupa untuk selalu potong rambut setiap 6 minggu sekali untuk rambut lebih sehat dan fresh.

4. Bungkus Rambut Saat Tidur

Mungkin ini terdengar aneh. Kenapa harus membungkus rambut pada saat mau tidur ? Membungkus rambut menggunakan jilab berbahan sutra atau sarung bantal yang berbahan sutra dapat mengurangi sebum kulit kepala. Rambut kehilangan kelembapan pada saat tidur, jadi dengan memakai bahan sutra ini dapat mengkontrol kelembapan rambut.

Baca juga  Trend Kecantikan di 2024 yang Banyak Digandrungi Beauty Enthusiast

5. Keringkan Rambut Sebelum Memakai Hijab

Banyak steps yang harus dilakukan sebelum memakai hijab, tapi mengering rambut adalah hal yang wajib dilakukan. Jika memakai hijab dengan keadaan rambut basah dan diikat, itu akan membuat akar rambut jadi rusak dan menyebabkan kerontokan.

6. Ikat Rambut Dengan Lebih Lembut

Ini kesalahan yang sering para muslimah lakukan dengan mengikat rambut terlalu kencang, sehingga membuat rambut cepat patah dan rontok. Biasakan ikat rambut dengan sedikit longgar atau dikepang, supaya rambut tetap bisa bernafas.

7. Pilih Bahan Hijab Yang Sesuai

Pemilihan bahan hijab juga penting untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Bahan hijab bermacam – macam dari katun, sutra, satin, dan sifon. Pilih bahan yang dapat membuat rambut bernafas dan dingin untuk kulit kepala.

Translate »