Tips Wisata Halal di Bangkok

Thailand merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang mulai maju dalam sektor pariwisatanya. Budayanya yang kental dan memiliki beragam tempat dengan arsitektur menawan membuat negari gajah putih ini menarik untuk dikunjungi para wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia. Namun, karena sebagian besar penduduk Thailand beragama Buddha terkadang membuat wisatawan muslim asal Indonesia merasa ragu atau khawatir untuk berlibur ke Thailand. Tapi tenang, karena kini Thailand telah mulai menerapkan wisata ramah muslim di negaranya sehingga Anda tak perlu khawatir lagi.

Bagi Anda yang ingin berwisata halal ke Thailand, berikut ini merupakan tips yang dapat Anda terapkan agar aman berwisata di sana.

Cari Menu Halal Dari Bahan Buah Atau Seafood

dok. epicurious.com

Jika sedang berada di Bangkok, cobalah berkunjung ke kawasan Khao San Road karena banyak makanan khas Thailand yang dapat Anda temukan di sana. Jika ragu dengan menu daging-dagingan cobalah memilih menu yang berbahan buah, contohnya Mango Sticky Rice. Makanan khas Thailand ini memiliki rasa yang manis dari ketan lalu asam dari buah mangga. Makanan ini mengandung karbohidrat tinggi sehinggaakan membuat Anda mudah kenyang. Makanan lain yang aman bagi muslim adalah berbahan dasar seafood. Berbagai menu seafood, seperti cumi, kerang, lobster, dan sebagainya juga mudah Anda temui jika berwisata di Thailand. Jika Anda tetap menginginkan menu daging, maka cobalah tanya kepada pedagangnya tentang kehalalan makanan tersebut atau carilah pedagang yang mengenakan hijab.

Baca juga  Okayama, Wisata Ramah Muslim di Jepang

Berburu Makanan Tradisional Atau Street Food? Pilihlah Pedagang Behijab Atau Berpeci

dok. pinkytraveler.com

Meski Negara Thailand mayoritas beragama Buddha, tapi banyak juga kaum Melayu muslim yang tinggal di Thailand dan berbisnis kuliner. Pedagang muslim tersebut biasanya menandakan dirinya dengan mengenakan hijab atau peci. Jika seperti itu, makanan yang mereka jual sudah dijamin aman dan halal bagi Anda.

Mencari Masjid atau Tempat Salat

dok. havehalalwilltravel.com

Mencari tempat ibadah di negara minoritas muslim memang bukan perkara gampang. Namun, hal ini tak berlaku ketika Anda berkunjung ke Thailand. Pasalnya, Thailand telah memiliki sekitar 3.000 masjid yang tersebar di setiap kotanya. Di Bangkok sendiri masjid yang tersedia sebanyak 160.

Dari banyaknya masjid yang tersedia, beberapa diantaranya merupakan masjid dengan umur yang sudah tua di Thailand sehingga memiliki sejarah yang dapat menambah wawasan Anda mengenai perkembangan Islam di Thailand. Beberapa masjid lain juga merupakan ikon Islam di Thailand, seperti Haroon Mosque, Ton Son Mosque, dan Masjid Darul Aman.

Baca juga  Kim K New KKW Beauty Makeup Collection is pretty LIT

Berkunjung Ke Perkampungan Muslim

Thailand memiliki perkampungan muslim yang pastinya ramah bagi wisatawan. Salah satunya adalah Bang Rak District yang berlokasi di sekitar sungai Chau, Praya. Perkampungan muslim ini terkenal dengan sederet jajaran streetfood yang dipastikan halal. Kawasan ini dekat dengan salah satu masjid ternama Thailand, yaitu Haroon Mosque sehingga tak heran jika kawasan ini dipenuhi dengan masyarakat muslimnya.

Jika Masih Ragu, Manfaatkan Jasa Pemandu Wisata Muslim

Jika Anda masih ragu dalam mencari tempat makan atau penginapan yang ramah muslim di Thailand, Anda dapat menyewa jasa pemandu wisata muslim yang banyak tersedia di Thailand. Pemandu wisata tersebut biasanya fasih berbahasa Indonesia. Keberadaan pemandu wisata muslim di Thailand ini merupakan fasilitas dari pemerintah untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan muslim. Sebab, mereka memiliki pemahaman yang banyak terkait loksi restoran halal, lokasi penginapan, hingga lokasi masjid

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar tak khawatir lagi saat berwisata di Thailand. Dengan menerapkan tips tersebut, selain wisata menyenangkan Anda juga mendapatkan keamanan dan kenyamanan saat berjalan-jalan.

Translate »