Liburan dan Belajar Peradaban Islam di 4 Negara Ini

Pengalaman baru untuk jadi referensi liburan Anda tahun ini.

200
Awal tahun menjadi waktu yang paling tepat untuk Anda kembali membuat travel bucket list yang baru sebagai destinasi travelling Anda selanjutnya. Sepanjang tahun 2019 ini, sepertinya akan ada 9 long weekend yang bisa Anda manfaatkan untuk traveling.
Bagi Anda yang masih bingung menentukan destinasi wisata liburan di tahun ini, mungkin Anda bisa coba pengalaman liburan sambil belajar peradaban Islam salah satunya lewat berwisata religi. Wisata religi bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda melepaskan penat sekaligus memperdalam ilmu agama.
Negara-negara berikut ini merupakan negara yang dikenal dengan rekam sejarah islaminya,  tentunya bisa jadi tempat Anda berwisata sambil belajar mengenai sejarah Islam melalui peninggalan arsitekturnya yang indah.
Mari mulai rencanakan liburan Anda ke lima destinasi ini!
1. Prancis 
Mungkin tak banyak yang tahu bahwa negara yang dikenal sebagai pusat mode dan menara Eiffel ini ternyata punya dua tempat wisata religi yang harus Anda kunjungi jika berkesempatan ke Paris, yaitu La Grande Mosquee de Paris dan Musee du Louvre.
Le Grande Mosquee. Courtesy of Instagram @lexaaak

 

La Grande Mosquee de Paris merupakan masjid tertua di perancis. La Grande Mosquee de Paris merupakan masjid pertama yang dibangun pada tahun 1926 dan difungsikan sebagai tempat ibadah juga pusat studi Islam.
Berbagai umat muslim datang dan berkumpul di masjid yang satu ini. Masjid dengan arsitektur yang megah ini merupakan tanda terima kasih Perancis oleh kelompok muslim yang ikut berperang melawan Jerman pada Perang Dunia I. Di dalam masjid ini Anda akan melihat berbagai elemen dekoratif khas arsitektur Islam.
Musee de Louvre. Courtesy of Instagram @shregina

 

 
Museum de Louvre merupakan salah satu ikon kota Paris yang terkenal berkat desainnya yang unik dan ribuan aset karya seni yang luar biasa. Termasuk di dalamnya sebanyak 3.000 objek karya seni yang menceritakan sejarah Islam dari lampau. Museum bawah tanah ini tentunya menjadi bangunan yang harus Anda kunjungi saat berkunjung ke Paris.

 

2. Spanyol
Negara Spanyol memang tidak tampak seperti negara Islami pada umumnya. Akan tetapi jika Anda mencari tahu lebih dalam, ternyata beberapa kota di Spanyol seperti Cordoba, Granada, dan Seville merupakan kota yang sangat kental dengan peradaban Islamnya.
Istana Alhambra. Courtesy of Instagram @shayma_amyahs
Salah satu kota yaitu Granada, ternyata merupakan kota yang menjadi saksi bisu perkembangan Islam. Di kota inilah terdapat Istana Alhambra yang menjadi simbol puncak kejayaan Islam. Bangunan ini dihiasi dengan elemen dekoratif dan juga pintu lengkung yang tampak di keseluruhan bagiannya.
3. Rusia
Negara selanjutnya adalah Rusia, negara ini dikenal sebagai salah satu negara yang cukup toleran dalam hal beragama. Hal ini terlihat dari kebiasaan saling menghargai antar umat beragama.
Saints Basils. Courtesy of Instagram @_letstravel_
Salah satu ikon di Rusia adalah Saint Basils Cathedral di Red Square, bangunan ini menunjukkan arsitetur Byzantine yang dimana terdapat perpaduan kebudayaan Islam dan dan agama lain.
Selain itu, jika Anda berkunjung ke Rusia, Anda juga tak boleh untuk melewatkan berkunjung ke kota Kazan. Kota ini merupakan pusat perkembangan Islam di Rusia.  Di sini terdapat sebuah masjid termegah dan terbesar di Rusia yaitu Qolsarif Mosque.
Qolsarif Mosque. Courtesy of Instagram @_anastasiii_yaaa

 

Masjid ini didesain oleh arsitek Rusia dengan tampilan tradisional Volga Bulgaria ditambahkan dengan elemen Renaisans awal dan arsitektur Ottoman yang memadukan unsur modern dan tradisional pada tiap bangunannya.

 

4. Jerman
Di Jerman, Islam menjadi agama terbesar kedua yang dianut oleh masyarakatnya. Rata-rata muslim di negara ini merupakan keturunan Turki. Berlin menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan muslim yang berkunjung ke Jerman.
Sehitlik Moschee. Dok Mossidomi.com

 

Berbagai makanan halal mudah didapatkan di kota ini dan tak hanya itu, di sini juga terdapat bangunan masjid megah yaitu Sehitlik Moschee. Masjid ini memiliki gaya arsitektural Ottoman dan didesain langsung oleh arsitek asal Turki. Masjid dengan tampilan dua menara cantik berwarna putih dan abu-abu ini ternyata dibangun di tengah lahan pemakaman dimana menjadi tempat peristirahatan para syuhada dari Turki. (FIA)