5 Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Muslim di Korea

Beberapa tahun belakangan ini, tampaknya Korea Selatan semakin unggul dalam sektor pariwisata dan hiburannya. Banyaknya lokasi wisata yang indah, kebudayaan yang masih kental, hingga pengaruh dari demam K-Pop membuat Negeri Ginseng ini semakin menarik untuk dijadikan destinasi wisata liburan. 

 
Namun, karena mayoritas penduduk Korea Selatan adalah non muslim, mungkin Anda yang beragama Islam dilanda kekhawatiran saat ingin berwisata ke sana. Buanglah rasa khawatir itu, karena kini pemerintah Korea sudah lebih memperhatikan sektor wisata halal sehingga sangat ramah bagi wisatawan muslim. 
 
Beberapa spot wisata di Korea kini sudah mulai mengusung konsep muslim-friendly dengan tersedianya musala sehingga Anda tak perlu bingung mencari tempat untuk salat. Restoran yang berlabel halal pun kini sudah mulai menjamur di beberapa kota besar Korea sehingga Anda dapat menikmati berbagai santapan khas Korea tanpa takut makanan tersebut mengandung pork atau mirin.
 
Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Korea, berikut ini beberapa tempat ramah muslim di Korea yang dapat dijadikan rekomendasi.
 
1. Ski Resort di Vivaldi Park, Gangwon
Jika Anda berniat untuk mencoba olahraga ski salju di Korea, datanglah pada bulan Desember hingga Februari. Karena pada bulan-bulan tersebut, Korea sedang berada puncak musim dingin. Salah satu tempat ski terbaik Korea adalah Vivaldi Park yang terletak di Provinsi Gangwondo. Vivaldi Park yang berjarak sekitar 45 menit dari Seoul ini, menjadi resort ski yang terluas dan terdekat dari ibu kota. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba olahraga ski tenang saja, karena ada instruktur yang siap mengajari Anda bermain ski mulai dari teknik dasar untuk pemula. 
Vivaldi Park. Dok. Pixabay
Setelah puas bermain, jangan sampai Anda melupakan kewajiban untuk beribadah. Berjarak 150 meter dari tempat ski, terdapat prayer room yang tersedia.
 
2. Korean Folk Village, Gyeonggi-do
Folk Village merupakan tempat untuk melihat sisi tradisional dari kehidupan dan kebudayaan Korea. Area seluas 254 hektar ini akan memberikan sensasi seperti kembali ke masa lalu lewat suasana dan desain bangunannya. Di Korean Folk Village ini, terdapat 260 hanok atau rumah tradisional Korea yang berasal dari peninggalan Dinasti Joseon. Sejumlah perabotan kuno yang berasal dari seluruh daerah di Korea Selatan pun ikut melengkapi bagian dalam hanok sehingga hawa tradisionalnya semakin terasa.

Korean Folk Village. Dok. Unsplash
Di sekitar kawasan ini juga terdapat pasar, restoran, tempat membuat kerajinan khas Korea, bahkan taman hiburan yang menyediakan berbagai wahana permainan, galeri seni, taman yang berisi aneka patung dan museum yang memperlihatkan budaya tradisional dari seluruh dunia. Tak cukup sampai di situ, berbagai pertunjukan musik dan upacara tradisional Korea.
Hal yang paling terpenting adalah di Korean Folk Village terdapat musala yang disediakan untuk pengunjung muslim yang ingin beribadah. Selain itu, terdapat juga restoran berlabel halal yang akan menyajikan berbagai santapan lezat khas Korea.
3. Ansan, Gyeonggi
Ansan merupakan kota multikultural yang ada di Korea. Di kota ini banyak sekali warga negara asing yang menetap lalu berorganisasi bersama sesuai asal negaranya masing-masing. Termasuk warga negara Indonesia, sehingga tak heran jika banyak sekali restoran makanan khas Indonesia yang ada di Ansan. Masjid dan musala pun banyak tersedia di kota ini sehingga Anda tak perlu khawatir kesulitan mencari tempat ibadah. Di antara banyaknya masjid dan musala yang tersedia, yang paling terkenal adalah Masjid Sirotol Mustaqim Ansan. Dengan bangunan empat lantainya membuat masjid ini menjadi masjid terbesar yang ada di Ansan. Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Sirotol Mustaqim juga rutin mengadakan pengajian dan menjadi tempat berkumpul bagi muslim Indonesia.

 

4. Itaewon Grand Mosque
Itaewon Grand Mosque. Dok. Unsplash
Walapun Islam menjadi agama minoritas di Korea namun, Korea Selatan sangat terbuka dan ramah terhadap warga muslim. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya prayer room dan masjid yang megah di Korea. Salah satu masjid yang terkenal di Korea adalah Itaewon Grand Mosque. Selain dapat beribadah, Anda juga dapat berwisata religi dan mengetahui sejarah perjalanan masuknya agama Islam di Korea.
5. Pulau Jeju
Pulau Jeju. Dok. Freepik
Bukan rahasia umum lagi jika Pulau Jeju memiliki keindahan alam yang sangat mempesona hingga masuk dalam salah satu daftar situs warisan dunia UNESCO. Pulau Jeju memiliki iklim sejuk dan segar sehingga sangat cocok dikunjungi ketika Anda merasa penat dengan kehidupan kota. Pulau Jeju juga memiliki bentang alam yang beragam mulai dari air terjun, pantai, gunung berapi, tebing, kawah, hingga gua alam indah yang dapat Anda jadikan tempat tujuan wisata. Pulau Jeju juga terkenal dengan hasil lautnya sehingga mayoritas restoran yang ada di Pulau Jeju menyediakan makanan laut segar yang aman untuk Anda santap.
 
 
 
 
Baca juga  Mengenal Tari Singo Ulung, Tarian Kebudayaan Khas Bondowoso
Translate »