Waspada, Berat Badan Naik Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, hawa dingin yang menyerang biasanya akan membuat perut selalu merasa lapar. Akhirnya nafsu makan pun menjadi meningkat lalu berat badan sulit terkontrol. Anda pernah mengalaminya? Jika hal tersebut terjadi pastinya Anda akan merasa jengkel, pasalnya menurunkan kembali berat badan yang terlanjur naik bukanlah perkara mudah.
Agar hal tersebut tak menimpa Anda, simaklah beberapa tips supaya berat badan Anda tidak bertambah saat musim hujan

 

1. Perhatikan kandungan camilan
Jika Anda merasa mudah lapar saat cuaca dingin, cobalah untuk mengganti camilan yang tidak sehat, seperti keripik dan cookies dengan buah dan sayur. Karena buah dan sayur terbukti memiliki tingkat kalori yang lebih rendah namun, tetap mengenyangkan. Selain itu buah dan sayur juga dapat memperlancar dan membersihkan saluran pencernaan Anda sehingga berat badan akan lebih terkontrol.
Freepik

 

Jika Anda bosan dengan buah atau sayur yang langsung dimakan, Anda dapat mengkreasikannya dengan membuat salad, mencampur buah dengan yoghurt, membuat es krim dari buah yang dicelupkan ke dalam dark chocolate, membuat popsicle buah, membuat sandwich dengan roti gandum, dan berbagai kreasi lainnya. Selain menyehatkan dan membuat langsing, tentunya hal tersebut akan meningkatkan kreativitas dan kemampuan memasak Anda.
2. Usir perasaan murung dengan memperbanyak konsumsi asam lemak omega 3
Saat cuaca dingin terdapat sebagian orang yang menjadi sangat ingin menyantap makanan berdasar karbohidrat seperti pasta, mi, nasi, dan sejenisnya. Hal tersebut mungkin akibat pengaruh gangguan emosi sementara yaitu SAD (Seasonal Affective Disorder).
Freepik

 

SAD dapat menyebabkan seseorang cenderung merasa murung atau sedih saat cuaca dingin. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan lemak dapat mendorong produksi hormon bahagia. Itulah sebabnya orang yang sedang menderita SAD karena cuaca dingin sering memiliki keinginan kuat untuk menyantap makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi.
Namun, seperti yang Anda tahu makanan tinggi karbohidrat dan lemak akan cepat menambah berat badan. Lalu bagaimana cara mengatasi SAD tanpa membuat badan gemuk? Caranya adalah dengan mengganti karbohidrat dan lemak tersebut dengan bahan makanan yang banyak mengandung omega 3 dan mengandung protein, seperti ikan laut, telur, kacang kedelai, dan sebagainya. Omega 3 telah terbukti memiliki kemampuan meningkatkan suasana hati, sementara protein akan membuat Anda kenyang lebih lama.

 

3. Hangatkan tubuh Anda
Ketika musim hujan, setiap orang cenderung ingin menghangatkan tubuhnya. Sembari menghangatkan tubuh Anda juga bisa menyehatkan badan dengan menyantap olahan sup yang berisi sayur-sayuran, dan mengkonsumsi teh hijau.
Freepik

 

Teh hijau dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membuat Anda mengkonsumsi lebih sedikit kalori sehingga sangat berguna untuk menurunkan berat badan.

 

4. Lakukan olahraga dalam ruangan
Freepik

 

Pada saat musim hujan, kebanyakan orang akan menjadi malas dan lebih memilih untuk beraktivitas di dalam ruangan, hal itu mengurangi kerja fisik sehingga hanya sedikit lemak yang terbakar. Untuk mengatasinya Anda harus melakukan olahraga ringan yang dapat dilakukan di dalam ruangan, seperti squat, sit up, push up, dan berbagai olahraga lainnya. (NP)

 

Baca juga  UNIQLO Hadirkan Pakaian Nyaman untuk Berkegiatan Selama #Dirumahaja
Translate »