5 Masjid dengan Arsitektur Paling Menawan

Masjid  tempat ibadah yang suci bagi umat Islam. Karena di tempat itulah, pemeluk agama Islam melakukan ibadah sembahyang, memanjatkan doa, dan melakukan kegiatan keagamaan lainnya. Selain itu, masjid pun sebagai lambang kemegahan dan kejayaan agama Islam.

Seiring perkembangan zaman, keberadaan masjid terus bertambah dari segi kuantitas dan kualitasnya. Semakin majunya islam, semakin banyak pula masjid megah dengan desain arsitektur yang menawan.

Penasaran dengan keindahan masjid-masjid yang memiliki arsitektur menawan? Berikut ulasannya.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dijuluki sebagai masjid termegah di Asia Pasifik. Berkat kemegahan dan keindahannya masjid yang dapat menampung hingga 5.000 jemaah ini, dinobatkan sebagai landmark dan daya tarik wisata yang utama di Brunei.

Pxhere

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin merupakan contoh masjid yang menggunakan desain arsitektur modern. Masjid yang dibangun selama 40 tahun ini, memiliki arsitektur yang merupakan perpaduan antara Mughal dan Italia. Arsitektur masjid yang terkenal dengan keindahannya itu dirancang oleh biro arsitektur Booty and Edward Chatered berdasarkan rancangan karya arsitek berkebangsaan Italia, Cavaliere Rudollfo Nori.

Selain bangunan utama yang berbentuk seperti masjid pada umumnya, masjid ini juga memiliki sebuah replika kapal Sultan Kerajaan Brunei yang mengapung di atas danau. Replika kapal yang didesain dengan indah tersebut sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara keagamaan, seperti perayaan Nuzulul Quran dan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran.

Jika Anda mengunjungi masjid ini, mata Anda akan langsung tertuju pada kubah besar yang bewarna emas. Tapi, tenyata bukan hanya sekadar warna, karena kubah masjid Sultan Omar Ali Saifuddin benar-benar dilapisi emas murni yang membuat penampilan masjid semakin terlihat megah dan mewah.

Baca juga  Proyek Pembangunan Pulau Rinca Ramai Dihujani Kritik

2. Masjidil Haram, Mekah

Siapa yang tidak kenal tentang Masjidil Haram yang menjadi destinasi umrah dan haji jutaan umat Islam setiap tahunnya? Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia dengan luas 83 hektar atau 356 ribu meter persegi yang mencakup ruangan dalam masjid dan bagian luar.

500pc

 

Namun, tak cukup sampai disitu pada tahun 2015 rencana proyek Masjidil Haram jilid 3 diluncurkan oleh Raja Salman bin Abdulazis Al Saud.Masjid yang sebelumnya memiliki luas 356 ribu meter persegi akan diperluas menjadi 400 ribu meter persegi sehingga dapat menampung kira-kira 2,5 juta jemaah haji secara bersamaan. Diperkirakan proyek perluasan ini akan selesai pada 2020.

Arsitektur masjid terluas ini akan membuat siapa saja takjub saat melihatnya. Desain yang sangat artistik membuat masjid ini nyaman dipandang mata. Gaya arsitektur masjidil haram melahirkan jenis seni baru yang dikenal dengan arsitektur islami.

3. Masjid Faisal, Pakistan

Masjid Faisal didesain tanpa kubah dan terdapat lengkungan di sebagian besar masjid. Masjid Faisal adalah hasil karya seorang arsitek yang bernama Vedat Dalokay yang pernah memenangkan penghargaan Aga Khan untuk bidang arsitektur.

Pxhere

 

Desain interior dalam ruangan utama ditutupi dengan ubin marmer putih dan dihiasi dengan mosaik, kaligrafi, dan lampu gantung khas Turki membuat penampilan Masjid Faisal tampak sangat menakjubkan.

4. Majid Nasir al-Mulk di Shiraz, Iran

Dilansir dari The Huffington Post, Nasir al-Mulk merupakan salah satu masjid terindah di dunia. Bahkan meskipun usianya sudah lebih dari 150 tahun, masjid ini masih tetap memukau mata. Hal yang membuat masjid ini tampak elegan adalah dari desain jendela-jendela kaca penuh mosaik yang memantulkan spektrum warna menakjubkan saat disinari cahaya matahari.

Baca juga  Menjelajahi Desa-desa Nelayan Tanah Air
500px

Tak hanya itu, pada bagian dalam juga terdapat banyak lengkungan yang menampilkan mosaik yang indah. Warna merah muda banyak ditemui di bagian langit-langit membuat masjid Nasir al-Mulk dijuluki masjid pink.

5. Masjid 99 Kubah, Makassar

Masjid selanjutnya, berada di Indonesia. Meskipun terhitung masih baru, masjid satu ini pantas dipuji dari sisi desin beraat keunikan dari jumlah kubahnya yang berjumlah 99, sesuai dengan nama Asmaul Husna (nama-nama Allah), desain arsitektur masjid ini menggunakan mosaik dan ukiran-ukiran indah. Selain itu, hal yang istimewa dari masjid ini adalah menggunakan konsep water front atau dibangun di atas air. 

Courtesy of Instagram @unearthedname

Dengan luas 72 meter x 45 meter, masjid ini disiapkan untuk dapat menampung 13 ribu jemaah. Kapasitas jemaah untuk ruang salat sekitar 3.000 untuk jemaah laki-laki, 1.000 jemaah perempuan, dan 8.000 jemaah di pelataran suci sehingga digadang-gadang akan menjadi masjid terbesar di Sulawesi Selatan.

Masjid hasil rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu dibangun berdasarkan dua konsep yaitu megah dan berhubungan dengan angka. Dengan keunikan yang dimiliki, nantinya masjid 99 Kubah akan menjadi salah satu dari 30 masjid terunik di dunia. Dan menjadi masjid unik pertama dengan konsep wisata religi pertama di Indonesia Timur. (NP)

Translate »