Penting, Kenali Waktu Kedaluwarsa Makeup!

Menggunakan produk kosmetik atau peralatan kecantikan lainnya memang tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari cara penggunaan, perawatan, sampai tanggal kedaluwarsa-nya.  Tahukah Anda bahwa produk kosmetik lebih cepat kedaluwarsa dibandingkan skin care?
Hal ini terjadi karena produk kosmetik memiliki kerentanan yang membuatnya tidak bisa dipakai dalam waktu lama, dan masa kedaluwarsa yang akan berubah jadi lebih cepat setelah kemasannya dibuka. 
 
Jangan sampai karena Anda yang kurang memperhatikan hal-hal seperti masa kedaluwarsa dari produk makeup yang Anda miliki, malah hanya merusak kulit wajah Anda dengan munculnya jerawat, iritasi bahkan sampai mengubah warna kulit Anda.
 
Untuk itu, penting bagi kita mengenali waktu kedaluwarsa dari masing-masing produk makeup yang kita miliki, sebab setiap produk ternyata punya waktu kedaluwarsa yang berbeda. Simak beberapa produk dengan masing-masing masa kedaluwarsa yang berhasil Scarf Media rangkum!
1. Foundation, Concealer dan Blush On Cair
Materi air dalam foundation, concealer atau apapun yang bertekstur cair adalah tempatnya bakteri untuk berkembang biak. Karena itu, masa kedaluwarsa dari produk foundation terhitung cukup singkat.
Freepik

 

Untuk foundation dengan kemasan jar lebih cepat mencapai waktu kadaluwarsa, yaitu hanya sekitar enam bulan. Sedangkan foundation dalam kemasan pump bisa bertahan lebih lama, yakni mencapai dua tahun.
2. Powder
Freepik

 

Segala jenis powder, entah itu loose powder maupun compact powder  umumnya hanya bisa digunakan selama 1-2 tahun. Coba ingat-ingat, apakah bedak yang Anda gunakan sekarang sudah mencapai 2 tahun atau belum, jika sudah, cek apakah ada perubahan warna pada bedak, jika iya, tandanya bedak tersebut sudah tidak bisa Anda gunakan lagi dan artinya Anda harus segera mengganti produk makeup Anda yang satu itu.
3. Blush On dan Eye Shadow 
Dok. kikocosmetics

 

Produk makeup dalam bentuk powder biasanya memang akan bertahan lebih lama yakni sampai dua tahun. Namun perlu diperhatikan juga, jangan biasakan untuk membiarkan blush dan eyeshadow Anda terbuka dalam waktu yang lama karena hanya akan memudahkan bakteri untuk masuk dan berkembang di dalamnya.
Untuk itu, selalu pastikan blush on dan eye shadow Anda selalu dalam kondisi tertutup rapat agar meminimalisir bakteri yang masuk.

 

4. Lipstik dan Lipgloss 
Freepik

 

Kabar baik bagi Anda para lippie junkie, karena ternyata lipstik bisa digunakan hingga lebih dari dua tahun hingga mencapai masa kedaluwarsanya. Cara mudah menghetahui kapan Anda harus mengganti lipstik ialah dengan melihat tekstur yang dihasilkan saat Anda pulaskan ke bibir. Kalau teksturnya sudah mengeras atau menggumpal, itu tandanya Anda harus cari lipstik baru!

 

5. Maskara
Pixabay

 

Produk kosmetik yang berfungsi melentikkan bulu mata ini ternyata memiliki masa kedaluwarsa yang paling cepat diantara produk kosmetik lainnya yaitu hanya sekitar tiga hingga enam bulan. Hal ini disebabkan oleh rentannya produk ini karena setiap kali Anda memakai maskara lalu memasukannya kembali dalam botol, Anda membawa bakteri dari bulu mata. Dan dalam kondisi kemasan yang gelap dan lembap, botol maskara adalah tempat yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang.
6. Eyeliner 
Freepik
Hampir sama dengan masa kedaluwarsa maskara, liquid eyeliner juga hanya dapat bertahan antara 6-8 bulan.  Sementara eyeliner berbentuk pensil, memang lebih awet yakni hingga setahun, Anda hanya perlu rutin meraut pencil eyeliner agar bakteri tidak mengumpul di ujung pensilnya.
Lantas apa yang terjadi jika Anda mengabaikan masa kedaluwarsa ini? Bisa jadi saat Anda memakai makeup yang sudah lewat masa kedaluwarsa ini, kulit akan terkena iritasi yang bisa membuat Anda malah keluar lebih banyak biaya untuk mengobatinya. (FIA)
Baca juga  Ingredients Kosmetik yang Bisa Atasi Komedo
Translate »