Trik Merawat Sepatu Agar Tetap Awet Meski Kehujanan

Dalam beberapa hari terakhir, hujan turun di berbagai titik di Jakarta dan di daerah Indonesia. Tentu saja satu masalah yang kerap dihadapi di musim penghujan adalah genangan air yang bisa mengganggu aktivitas dan penampilan Anda. Berapa banyak dari Anda yang pusing memikirkan nasib sepatu yang terkena air hujan atau genangan air saat beraktivitas?

Tak perlu risau, Scarf Media akan bantu Anda merawat koleksi sepatu agar tetap prima bahkan di hari hujan.

·       Segera bersihkan ketika sepatu terkena noda

Jangan langsung membersihkan sepatu yang terkena noda dengan air, coalha dengan menepuk atau menyekanya menggunakan kain lembap agar noda bisa terlepas dengan mudah. Sementara untuk sepatu berbahan suede, usahakan untuk menghindari mencuci sepatu dengan air karena akan membuat tekstur menjadi rusak. Anda bisa membersihkan sepatu suede dengan handuk yang dibasahi dengan cuka, kemudian lap sepatu secara perlahan hingga noda hilang.

·       Gunakan sikat halus

Noda membandel? Anda bisa menyikat sepatu Anda, asaltan dengan sita yang halus agar kondisi sepatu tetap baik. Manfaatkan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membersihkan sepatu Anda. Jika masih dirasa kurang cukup, gunakan stain remover untuk mencuci sepatu, baru kemudian gunakan sabun dan air.

Baca juga  Reflection of Culture, Budaya dalam Fashion Khusus Pria

·       Jangan jemur sepatu di bawah sinar matahari secara langsung

Apabila sepatu Anda basah skibat kehujanan ketika pulang dari kantor, keringkan secara alami di tempat yang kering pada suhu kamar atau menggunakan kipas angin. Jangan jemur sepatu Anda di bawah sinar matahari atau menggunakan blow dryerdengan suhu yang ekstrem, karena dapat membuat warna sepatu memudar, atau bahkan retak jika sepatu Anda terbuat dari kulit.

·       Hindari menggunakan sepatu yang masih basah

Air hujan yang bercampur dengan keringat kaki ketika Anda mengenakan sepatu yang lembap atau basah saat berkegiatan dapat menimbulkan bau kaki yang kurang sedap. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan sepatu kering dengan baik sebelum akhirnya dipakai kembali.

Baca juga  Cara Membuat Gelato Italia Asli

·       Keringkan dengan koran

Jika sepatu tak kunjung kering padahal akan langsung dipakai lagi, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan kertas koran. Masukkan gumpalan kertas koran ke dalam sepatu agar air bisa terserap oleh koran. Lalu keringkan sepatu dalam keadaan berdiri agar udara bisa masuk dari segala arah.

·       Poles sepatu sebagai perlindungan ekstra

Selain untuk membuat sepatu mengkilap dan meningkatkan penampilan saat memakainya, memoles sepatu juga dapat membantu untuk menjaga kualitas dan melindunginya dari kelembapan.

Untuk sepatu berbahan kulit, Anda dapat menggunakan kondisioner khusus bahan kulit atau oleskan sepatu dengan petroleum jelly yang ada di meja rias Anda sebelum disemir. Sedangkan untuk sepatu berbahan suede, Anda dapat menggunakan spray pelindung khusus sepatu suede yang bisa didapatkan di toko sepatu. Hal ini dapat mencegah noda agar tak mudah menempel di sepatu kesayangan Anda. (AUL)

Translate »