Sesuai Sunah Rasulullah SAW, Ini Manfaat Konsumsi Buah Sebelum Makan

Proses penyerapan nutrisi buah lebih optimal dalam keadaan perut kosong.

Nabi Muhammad SAW banyak memberikan contoh dan anjuran dalam makan, salah satunya ketika mengonsumsi buah. Salah satu anjuran Rasul adalah mendahulukan makan buah kurma ketika berbuka puasa, saat perut sedang kosong.

Dalam sebuah hadist riwayat Abu Daud dan Tirmidzi, Rasullullah bersabda dari Anas ra, “Nabi SAW apabila ia berbuka puasa dengan kurma gemading, sebelum Beliau shalat, apabila tidak ditemukannya, ia berbuka dengan kurma biasa, kalau tidak ditemukannya, Beliau berbuka dengan beberapa teguk dari air putih.”

Adapun di dalam Al-Quran tercatat anjuran untuk menyantap buah lebih dulu.”Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan”. (Al Waqi’ah 20-21)

Dalil tersebut dikaitkan dengan anjuran memakan buah sebelum menyantap hidangan utama seperti nasi, roti, dan daging. Kemudian dalam dunia kesehatan manfaat mengonsumsi buah-buahan sebelum hidangan utama banyak manfaatnya. Berikut ini diantaranya:

1. Penyerapan nutrisi optimal

Penyerapan nutrisi dalam buah yang ternyata lebih optimal saat buah disantap ketika perut dalam keadaan kosong. Makan buah sebelum menyantap makanan berat juga membuat penyerapan makanan lebih maksimal. Ahli gizi merekomendasikan waktu paling ideal menyantap buah yakni 30 menit sampai 2 jam sebelum waktu makan.

2. Antioksidan

Buah-buahan banyak mengandung antioksidan seperti likopen, lutein, dan beta-karoten. Memakan buah sebelum hidangan utama akan memastikan tubuh memaksimalkan fungsi antioksidan tersebut. Antioksidan bermanfaat menangkal radikal bebas berbahaya yang sering dianggap sebagai penyebab utama kanker.

3. Mencegah makan berlebihan

Serat dalam buah-buahan memiliki cara pemecahan yang berbeda dengan makanan lain seperti contohnya daging. Serat ini bermanfaat dalam menciptakan rasa kenyang lebih cepat yang membantu pula dalam program menurunkan berat badan. Namun, mekanisme ini hanya berlaku bila buah dikonsumsi sebelum makan.

4. Perlambat pelepasan glukosa ke aliran darah

Mengonsumsi buah sebelum hidangan utama menjadi salah satu keuntungan bagi penderitta diabetes. Hal ini karena buah-buahan seperti pir dan apel cenderung memperlambat pelepasan glukosa ke aliran darah sehingga dapat bermanfaat menstabilkan gula darah penderita diabetes.

Untuk itu Scarflover jangan lupa mengonsumsi aneka buah sebelum menyantap hidangan utama yah!.

Translate »