Indonesia Fashion Week 2023 Resmi Digelar, Fokus pada Wastra Sulam Karawo

Upaya pelestarian Sulam Karawo khas Gorontalo.

Indonesia Fashion Week ke-10 resmi digelar tepat pada Rabu, 22 Februari 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Pada kesempatan kali ini IFW 2023 khusus fokus mengangkat tema Sagara dari Timur yang fokus pada wilayah Gorontalo karena memiliki banyak potensi besar, salah satunya wastra Nusantara berupa Sulam Karawo dan keindahan alamnya.

Image: Dok.Redaksi

Turut hadir dalam acara pembukaan IFW 2023 antara lain Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indoensia (APPMI) Poppy Dharsono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Salahudin Uno beserta Ibu Nur Asia Uno, dan Pj Gubernur Gorontalo beserta Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Bapak Hamka Hendra Noer dan Ibu Gamaria Purnamawati Monoarfa.

Baca juga  Padukan Desain Fresh dan Elegan, Mayra Pamerkan Kain Tenun NTT di IDFW 2023
Image: Dok.Redaksi

Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono bekerja sama dengan Pemerintah Gorontalo untuk berupaya melestarikan wastra Sulam Karawo agar lebih dikenal masyarakat luas. “Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan potensi dari Sulam Karawo, sulam khas dari Provinsi Gorontalo agar bisa lebih dikenal dan dipergunakan oleh masyarakat luas. Kami dipercayai untuk bisa branding, design, dan mempromosikan wastra Sulam Karawo melalui pagelaran IFW 2023,” kata Ketua Umum (APPMI) Poppy Dharsono saat Konferensi Pers IFW 2023, Rabu, (22/2/2023).

Poppy melanjutkan, IFW telah melakukan proses inkubator di Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan kualitas produk agar menghasilkan UKM yang kita impikan.

Baca juga  Walikota Surabaya Gelar Fashion Show, Ramah Disabilitas!

Sulam Karawo adalah karya sulam yang sangat unik. Adapun perbedaan Sulam Karawo dengan wastra lain adalah proses pembuatannya. “Proses pembuatan sulam Karawo adalah pertama digambar, kemudian proses pengirisan benangnya, lalu pencabutan benang satu persatu, dan disulam. Oleh karena itu ajang IFW 2023 ini salah satu upaya melestarikan Sulam Karawo menjadi warisan budaya agar tidak di klaim oleh negara lain,” jelas Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Ibu Gamaria Purnawati Monoarfa.

Diharapkan dengan mempromosikan wastra Sulam Karawo para pelaku usaha di daerah dapat diberikan inspirasi oleh para perancang muda dari kota-kota lainnya yang menumpahkan kreatifitas mereka dalam mengolah dan menciptakan produk fesyen dari dan menggunakan Sulam Karawo.

Translate »