Akses Aplikasi Yahoo dan Dota Mulai Normal Kembali

Aplikasi Paypal segera mendaftar.

14

Sejumlah aplikasi populer di Indonesia seperti, Paypal, Yahoo, Dota 2, Steam, CS, GO telah diblokir. Lantaran belum mendaftar secara resmi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Berita pemblokiran tersebut sempat menuai kritik pedas warga Indonesia. Bahkan, trending topic di Twitter dengan kicauan #blokirkominfo. Menanggapi ini, Kominfo menyampaikan permohonan maaf dan segera mengatasi permasalahan. Salah satunya pembukaan blokir sementara aplikasi Paypal hingga 5 Agustus 2022. Sembari menunggu pendaftaran resmi dari Paypal di Amerika Serikat.

Image : Freepik

Sementara Kominfo melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan, menyampaikan update status terkait Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang telah diputus aksesnya yang dikutip dari kominfo.go.id, sebagai berikut:

  1. Kementerian Kominfo telah berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA). Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut.
  2. Kementerian Kominfo juga telah berhasil berkomunikasi dengan pihak Paypal. Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat. Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.