Peringatan Hari Perempuan Sedunia, Singkirkan Bias Demi Wujudkan Kesetaraan (Bagian 2 – Habis)

Kilas Balik Sejarah International Women’s Day 

Mengacu pada peresmian International Women’s Day pada 1975 oleh PBB, maka secara teknis tepat pada tahun 2011 lalu, peringatan Hari Perempuan Internasional sudah menginjak usia ke-111. Tahun ini, PBB mengumumkan tema “Kesetaraan gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan.” Peringatan hari bersejarah tersebut bertujuan untuk mengenali respon wanita di seluruh dunia tentang perubahan iklim.

Warna Apa Saja yang Merepresentasikan International Women’s Day?

Mengutip situs International Women’s Day, terdapat tiga simbol warna sebagai lambang Hari Perempuan Internasional yaitu ungu, hijau, dan putih. Ungu melambangkan keadilan dan martabat. Hijau menggambarkan harapan. Sedangkan, putih mewakili kemurnian. Pemilihan warna ini diangkat oleh Women’s Social and Political Union (WSPU) di Inggris pada 1908. 

Baca juga  Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 100 Ribu

Apakah Ada Batasan tentang Peringatan Hari Perempuan Internasional?

Perlu diketahui, tidak ada batasan bagi setiap orang untuk memperingati Hari Perempuan Internasional, sehingga dapat dikatakan tidak berpangku pada negara, kelompok, atau organisasi mana pun.

“Kisah perjuangan perempuan untuk kesetaraan bukan milik feminis saja, atau organisasi mana pun, melainkan sebagai upaya kolektif semua pihak yang peduli dengan hak asasi manusia. Jadikan Hari Perempuan Internasional sebagai hari yang bisa Anda lakukan untuk membuat perbedaan positif bagi wanita,” ujar Gloria Steinem seorang feminis, jurnalis, dan aktivis terkemuka, dikutip dari laman intenationalwomensday.com, Selasa (8/3/2022). 

Baca juga  AS Cegah Iran untuk Membeli Vaksin Covid-19

Peringatan Hari Perempuan Internasional di Berbagai Belahan Dunia 

Di Italia, Hari Perempuan Internasional  atau la Festa della Donna dirayakan dengan pemberian bunga mimosa. Awal mula tradisi  ini tidak diketahui pasti, namun diyakini kegiatan ini dimulai di Roma setelah Perang Dunia Kedua. 

Berbeda dengan Amerika Serikat yang memperingati bulan Maret sebagai Bulan Sejarah Wanita. Untuk menghormati pencapaian para perempuan di Amerika, maka diadakan proklamasi presiden pada setiap tahunnya. 

Lain hal dengan Rusia, penjualan bunga akan meningkat selama tiga atau empat hari menjelang tanggal 8 Maret.

Translate »