Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 100 Ribu

Kasus positif Covid-19 di Indonesia kini sudah mencapai 100.303. Menanggapi tingginya kasus Covid-19 yang tembus di angka seratus ribu itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, masyarakat diingatkan bahwa Indonesia belum aman dari krisis pandemi.

“Indonesia mencapai angka yang secara psikologis cukup berarti dan meingatkan semua pihak bahwa Indonesia masih krisis. Untuk itu kita perlu tetap waspada bahwa masalah ini masih berada di Indonesia dan belahan dunia,” tegasnya dalam konferensi pers virtual, Senin (27/7).

Indonesia kini menempati urutan ke 142 dari 215 negara, berdasarkan total kasus per 1 juta populasi. Khusus di kawasan Asia, Indonesia menempati urutan ke 28 dari 49 negara.

Baca juga  Potret Kemesraan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Saat Berlibur Ke Qatar

“Kondisi ini tak serta merta dikatakan Indonesia aman. Indonesia masih krisis dan kita tak boleh lengah hadapi Covid-19,” katanya.

Selain itu, Satgas Covid-19 juga mencatat penambahan daerah zona merah yang tersebar di 53 kabupaten/kota. Ini berarti terjadi penambahan kawasan zona merah dari sebelumnya di mana pada 19 Juli tercatat ada 35 kabupaten/kota.

Baca juga  Penyanyi Muslimah Asal Indonesia, Putri Ariani Berhasil Mendapat Golden Buzzer di America's Got Talent

Kawasan zona merah tersebut tersebar 15 provinsi, di antaranya Sumatera Utara (5), Sumatera Selatan (1), Sulawesi Utara (3), Sulawesi Tenggara (1), Papua (1), Sulawesi Selatan (1), Nusa Tenggara Barat (2), Kalimantan Timur (1) Kalimantan Tengah (4), Kalimantan Selatan (8), Jawa Timur (9), Jawa Tengah (8), Gorontalo (3), DKI Jakarta (5) dan Bali (1).

Ia berharap, Indonesia semakin mampu meningkatkan angka kasus yang sembuh daripada kasus positif. Begitu pula angka meninggal, harus bisa ditekan seminimal mungkin. (DA)

Translate »