Yuk, Mengenal Istilah-Istilah dalam Kamera Digital!

Saat ini banyak orang yang mulai tertarik dan menekuni dunia fotografi karena dinilai sebagai kegiatan yang menyenangkan. Bukan hanya dijadikan sebagai hobi saja, namun banyak yang menjadikannya sebagai pekerjaan yang menghasilkan. 

Bagi Scarf Lover yang muai menekuni dunia fotografi, sebaiknya Anda menggunakan kamera digital agar terlihat profesional dan dapat mengasah skill fotografi karena memiliki pengaturan yang beragam. Untuk mendapatkan kualitas dan hasil foto yang lebih baik Anda harus memahami beberapa istilah dalam pengaturan kamera digital berikut.

  • Aperture

Merupakan bukaan diafragma pada lensa kamera, biasanya nilai aperture ini ditandai dengan”F/angka”. Semakin besar angka F maka akan menunjukkan bukaan diafragma yang kecil sehingga cahaya yang masuk semakin sedikit.  Sedangkan untuk angka F kecil akan menunjukkan bukaan diafragma yang besar sehingga cahaya yang masuk semakin banyak.

  • Shutter speed

Biasa dikenal dengan sebutan kecepatan rana ini merupakan rentan waktu jendela di depan sensor terbuka untuk mengatur berapa lamanya sensor terkena cahaya. Shutter speed cepat akan menghasilkan efek pembekuan gerakan/frezze. Sedangkan shutter speed lambat akan menghasilkan efek yang pergerakan/motion blur.

  • ISO

ISO merupakan singkatan dari International Organization of Standardization yang menentukan tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya. Semakin tinggi nilai ISO maka gambar yang dihasilkan akan terlihat noise. 

  • AF (Autofocus)

Kemampuan kamera digital untuk secara otomatis membuat objek gambar yang diinginkan menjadi lebih tajam atau jelas. Biasanya dipakai para pemula supaya fungsi ini aktif secara otomatis.

  • AF-Lock (Afterfocus Lock)
Baca juga  Resep Puding Lapis Surabaya Ini Lembut Banget, Bikin Ketagihan!

AF-Lock digunakan untuk mengunci fungsi Auto Focus. Caranya dengan memfokuskan objek terlebih dahulu lalu geser kamera sambil menekan setengah tombol shutter hingga fokus gambar dikunci.

  • Aspect Ratio

Perbandingan ukuran dimensi foto atau video. Biasanya yang paling umum adalah ukuran 4:3 ratio yang cocok untuk dicetak dan 16:9 ratio yang cocok ditampilkan di layar wide screen.

  • AE (Automatic Exposure)

Merupakan kemampuan kamera digital untuk mengatur bukaan lensa (lihat aperture) merupakan kecepatan shutter berdasarkan kondisi cahaya di sekitarnya.

Image: pixabay
  • CCD (Charge Coupled Device)

CCD adalah sebuah chip di dalam kamera yang berfungsi sebagai sensor gambar. Fungsinya yaitu saat cahaya masuk ke dalam kamera melalui lensa, maka cahaya akan mencapai bagian CCD. Namun, teknologi yang lebih populer saat ini yaitu CMOS.

  • CMOS (Complementary metal-oxide semiconductor)

Merupakan sensor gambar dalam kamera digital yang terdiri atas sirkuit yang terintegrasi untuk merekam suatu gambar. Sehingga saat cahaya masuk ke dalam kamera, setiap photodetector akan membuat arus listrik berdasarkan intensitas cahaya yang mengenainya.

  • DOF (Depth of Field)

Menentukan seberapa jauh object di depan maupun di belakang object yang menjadi fokus dapat terlihat jelas. Semua object yang lebih jauh atau lebih dekat dari object yang menjadi fokus, akan terlihat kabur.

  • EXIF 
Baca juga  Siap Kampanye Lagi, Trump Katakan Kebal Covid-19

Merupakan data informasi mengenai foto yang dihasilkan, seperti tanggal, waktu, jenis kamera, dan pengaturan kamera. Data EXIF akan ditambahkan dalam file foto secara otomatis.

  • Macro Mode

Mode pada kamera digital untuk mengambil foto dengan jarak yang sangat dekat (close up). Pada mode macro, kamera akan me-reset lensa kamera dan menyesuaikan intensitas lampu kilat untuk membuat foto yang tajam dari jarak dekat. 

  • Digital Zoom

Fitur kamera digital untuk memperbesar (zoom) gambar dengan menggunakan software yang terdapat di dalam kamera digital. Cara kerjanya dengan menambah ukuran pixels. Kelemahannya adalah gambar menjadi tidak tajam saat dilakukan digital zoom. Digital zoom akan membuat kualitas gambar menurun. 

  • Optical Zoom

Merupakan fitur kamera digital untuk memperbesar (zoom) gambar dengan menggunakan perubahan focal length pada lensa, tanpa mengubah kualitas gambar. 

  • Viewfinder

Berfungsi untuk melihat foto yang akan diambil. Terdapat dua jenis viewfinder, yaitu optical viewfinder yang biasanya terletak pada bagian atas belakang kamera berupa jendela kecil dan digital viewfinder berupa LCD yang terdapat di belakang kamera. 

Nah, itulah beberapa istilah yang terdapat dalam kamera digital. Dengan memahami beberapa istilah di atas dapat membantu Scarf Lover dalam mengambil gambar atau video dengan baik. 

(PR)

Translate »