Mengenal Sambal Khas Asli Indonesia

Salah satu sajian khas Indonesia ini tentunya sudah tidak asing lagi, cita rasanya yang pedas dan gurih sangat digemari oleh banyak orang. Bagi orang Indonesia, jika menyantap makanan tidak didampingi dengan sambal rasanya kurang nikmat.  

Sambal merupakan pendamping makanan yang terbuat dari cabai sebagai bahan utamanya dan ditambah dengan rempah-rempah pilihan lainnya. Saat ini, sudah ada banyak kreasi sambal yang dikembangkan oleh masyarakat asli Indonesia. Hampir disetiap daerah memiliki sambal khasnya masing-masing.

Berikut beberapa rekomendasi sambal khas Indonesia yang wajib Anda ketahui.

1. Sambal Bawang

image: endeus.tv

Mungkin Anda sudah sering memakan sambal ini karena sangat sering dijadikan pendamping pada semua hidangan. Sambal khas Jawa Timur ini terdiri dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam yang dihaluskan kemudian disiram dengan minyak panas. 

2. Sambal Ijo

image: resepkoki.id

Sesuai dengan namanya sambal ijo terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih dan garam yang dihaluskan kemudian ditumis hingga harum dan matang. Sambal ini berasal dari Minang, makanya tak heran jika sambal ijo sering ditemukan di rumah makan padang. 

3. Sambal Matah

image: cookpad (vifya kitchen

Sambal yang berasal dari Bali ini memiliki rasa yang pedas, asam, sekaligus wangi sehingga membuat rasa segar. Sambal matah terbuat dari cabai, sereh, bawang merah, bawang putih, terasi, air jeruk nipis, daun jeruk, garam, dan minyak goreng. Semua bahan diiris tipis, kemudian disiram dengan minyak goreng. Sambal matah sangat cocok dinikmati bersama ikan atau ayam bakar dan sate lilit khas Bali

Baca juga  Resep Mudah Buat Nasi Biryani Sayuran

4. Sambal Dabu-Dabu

image: sweetrip.id (andinifooddiary)

Sekilas sambal dabu-dabu khas Manado ini memang mirip dengan sambal matah. Sambal dabu-dabu menggunakan cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, tomat, jeruk, limau, garam, gula, dan minyak. Sambal ini biasanya dijadikan pelengkap hidangan laut, khususnya ikan bakar.

5. Sambal Terasi

image: cookpad (chef aditya)

Salah satu sambal yang mudah ditemukan di rumah makan sehingga menjadi sambal favorit orang Indonesia. Sambal terasi dibuat dari cabai, terasi, tomat, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam. Sambal yang satu ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan sambal lainnya.

6. Sambal Tumpang

image: resepkoki.id

Sambal khas Jawa Tengah ini sangat unik karena terbuat dari tempe busuk atau tempe semangit. Bahan lainnya untuk membuat sambal tumpang adalah cabai merah, bawang merah, bawang putih, santan, gula, dan garam. Bentuk sambal tumpang seperti tempe berkuah santan yang kental. 

Baca juga  Resep Puding Chia Seed, Cemilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

7. Sambal Andaliman

image: sweetrip.id (don_masak)

Jika Anda menyukai rasa pedas dan aroma khas rempah pasti akan menyukai jenis sambal khas Batak yang satu ini. Sambal andaliman terbuat dari cabai rawit hijau, andaliman, bawang merah, bawang putih, kemiri, sereh, jeruk nipis dan garam yang diulek sampai halus. 

8. Sambal Roa

image: cookpad (via viu)

Rasa sambal roa sangat gurih karena dibuat dengan campuran ikan roa, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, gula dan garam. Makanya tak heran jika rasa sambal roa ini begitu gurih, segar, dan menggugah selera. Sambal roa merupakan sambal yang juga berasal dari Manado, Sulawesi Utara. 

9. Sambal Bajak

image: endeus.tv

Walaupun terlihat seperti sambal terasi, namun sambal ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas bahkan cenderung manis. Sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka rasa pedas.  Sambal ini terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, lengkuas, garam, gula, air asam jawa, dan minyak.  

Itulah beberapa macam sambal khas Indonesia yang sudah terkenal luas di masyarakat. Sudahkan Anda mencoba semua sambal diatas? Jika belum, yuk segera jelajahi cita rasa sambal khas Indonesia ini. Selamat mencoba, Scarf Lover. (PR)

Translate »