IDCW Menggandeng Mitra Baru Di Tahunnya Yang Ke Dua Untuk Rayakan Kreasi Anak Bangsa

Jakarta, 24  September 2019  –  Dengan pengalaman selama 30 tahun untuk  mengkurasi dan mempromosikan bakat-bakat serta karya-karya terbaik bangsa, Jakarta Fashion Week,  Brightspot, dan IdeaFest merupakan poros inkubasi paling berkomitmen di Indonesia. Sejak meluncurkan gerakan Indonesia Creative Week (“IDCWeek”) tahun lalu untuk menyatukan perhatian masyarakat pada insan kreatif yang  jadi bagian  dari masing-masing acara yang menjadi kolaboratornya. Tahun ini, Jakarta Culinary Feastival jadi mitra terbaru gerakan ini.

sumber: IDCW

“IdeaFest, Brightspot, dan Jakarta Fashion Week adalah tiga event dengan kemasan dan agenda yang berbeda, namun mempunyai segmen yang sama. Dan kami terus berusaha membuat gerakan ini semakin besar, karenanya kami sangat senang Jakarta Culinary Feastival bisa ikut bergabung tahun ini.  Pelaku industri  kreatif akan lebih  leluasa  untuk  mengeksplor konten dan  kreasi jika  antara keempat wadah ini bukannya berkompetisi, tapi justru membentuk sebuah ekosistem yang saling berkesinambungan. Dengan demikian, dampak yang didapat akan lebih signifikan,” ujar Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week sekaligus CEO GCM Group.

“Dengan  IDCWeek  tahun  ini,  kami  kembali  bekerjasama  untuk mempromosikan  industri   kreatif  melalui   program  masing-masing.    Hal   ini kebetulan  sangat bersisian dengan visi  kami  di  Jakarta Fashion  Week tahun ini, yaitu untuk #MerayakanIndonesia. Merayakan potensi kreatifitas Indonesia,  merayakan keberagaman  talenta  Indonesia,  merayakan  berbagai variasi intepretasi  fusi antara warisan budaya Indonesia  dengan kultur  dunia  – merayakan kembali identitas Indonesia sebagai sebuah kebanggaan, dan bukan sebagai sumber polemik atau permusuhan,” imbuh Svida lagi.

Bagian dari tiga platform pertama yang menginisiasi IDCWeek, Brightspot tentunya  memiliki   visi   yang  sama  untuk   mengembangkan  industri   kreatif Indonesia,  terutama  dari segi promosi.  Sebagai  platform pioner yang secara konsisten memberikan dukungan dan menciptakan kesempatan kepada individu dan organisasi kreatif untuk membuat sesuatu perubahan besar, sepuluh tahun adalah sebuah waktu dan pengalaman yang berharga untuk Brightspot.

Baca juga  Cita Rasa Khas Aceh yang Menggoyang Lidah
sumber: IDCW

Seperti  yang dikutip oleh penggagas  Brightspot,  Anton Wirjono, yang mengungkapkan, “10 tahun adalah momentum untuk melihat kembali nilai- nilai yang esensial yang muncul dari dalam diri  kita agar dapat mencerminkan dan melakukan hal-hal besar di  luar  nanti.  Saat ini,  kami    ingin  mengajak kita semua untuk  maju dan berkarya bersama dengan memiliki  nilai  kebersamaan: Inspiring – Onwards, Impacting – Others, Introducing – Opportunities, Innovating – Outcomes, Imparting – Optimism.”

Indonesia memang patut berbangga akan karya-karya anak bangsa yang kini  sudah diakui  dunia  internasional,  yang salah  satunya akan  disorot  dalam Ideafest.  Ideafest  sendiri  merupakan  konferensi  kreatif  terbesar di  Indonesia yang pada tahun ini  memasuki tahun ke-8. “Pertumbuhan industri kreatif kian positif mendorong munculnya sumber daya manusia unggul yang sukses mengharumkan nama Indonesia,  seperti Joe Taslim,  Joko Anwar,  Dian Sastrowardoyo,  hingga  Griselda  Sastrawinata  (Walt Disney  Studios) membuat kami  melihat  sekarang adalah era kita  bangga  menjadi bagian dari  bangsa Indonesia. Rasa bangga inilah yang menginspirasi lahirnya Age of Pride, sebagai tema besar IdeaFest  tahun ini,  yang akan dilaksanakan  3-6  Oktober 2019  di Jakarta Convention Center”, jelas Ben Soebiakto, Co-Chairman Ideafest.

“Melalui  IdeaFest,  kami  ingin  mengajak masyarakat  untuk  berkolaborasi mencari  dan  mengangkat  cerita-cerita   kebanggaan  anak  bangsa  melalui gerakan bertagar #KebanggaanIndonesia. Dengan dimulainya gerakan ini,  kami yakin akan  lebih  banyak lagi  nama  baru yang akan membawa Indonesia  ke puncak  tertinggi  di   seluruh  belahan  dunia.  Selain  itu  sebagai  bagian  dari komitmen kami untuk terus menginspirasi insan kreatif Indonesia, kami kembali menghadirkan  nama-nama  besar dari kancah global seperti Zach  King  (Digital Magician and Filmmaker dan Tom Kelley (Author of Creative Confidence),” ungkap Ben lebih lanjut.

Baca juga  Kunci Perjalanan Sukses HDI, Perusahaan yang Memberdayakan Perempuan
sumber: IDCW

Jakarta Culinary Feastival yang jadi tambahan baru di tahun ini siap untuk memberikan semakin banyak warna di IDCWeek. Fokus menyoroti industri gastronomi,  festival  yang  satu  ini  sudah  menjejak  edisi  keenam penyelenggaraannya.   Menampilkan   puluhan   tenant  meliputi   restoran,   kafe, coffee shop hingga  peralatan memasak,  serta lebih  dari  49  figur  ternama  di industri kuliner Asia dalam satu festival,  Jakarta Culinary Feastival akan menjadi sebuah  wadah  di   mana  para  penggiat kuliner  dan  penikmatnya  bertemu selama  4   hari  melalui  beragam aktivitas  dan  program  yang  didasari oleh kecintaan terhadap dunia kuliner. Harapan  Jakarta  Culinary   Feastival  untuk   memajukan   industri   kuliner Indonesia berjalan selaras dengan semangat IDCWeek yang memberikan panggung untuk insan kreatif Tanah Air. IDCWeek  tahun ini  akan  dimulai  dengan Brightspot,  IdeaFest,  dan Jakarta Culinary  Feastival  yang dilaksanakan  berbarengan sepanjang  3  –  6  Oktober 2019,  secara  berurutan di  District  8,  Jakarta  Convention  Center,  dan Senayan City. Sementara itu, Jakarta Fashion Week akan dilangsungkan di Senayan City sepanjang 19 – 25 Oktober 2019.

Translate »