Mengenal Jannatul Mualla Makam Mbah Moen

Jannatul Mualla atau yang biasa dikenal dengan Al Ma’la adalah tempat dimana Mbah Moen atau KH Maimoen Zubair dimakamkan. Terletak di daerah Al Hajun yang hanya berjarak 1 km dari Masjidil Haram. Pemakaman ini terletak di kaki bukit dan menghadap kiblat ke Masjidil Haram.

Pemakaman ini sangat istimewa, karena keluarga dari Nabi Muhammad SAW juga dimakamkan di sini. Mulai dari ibunda Nabi Muhammad SAW, Paman Nabi, Kakek Nabi Muhammad SAW, dan juga istri nabi Siti Khadijah dimakamkan di pemakaman Al Ma’la ini.

sumber: instagramwebs.com

Makam yang sudah ada sebelum jaman Nabi ini sempat mengalami penghancuran di tahun 1925. Yang dulunya terdapat kubah untuk menandakan tempat makam, sekarang rata tidak ada gedung. Di pemakaman ini pun semua batu nisan tidak memakai nama sang almarhum, makam hanya ditandai dengan bebatuan putih. Seperti dalam Hadist yang diriwayatkan Abdullah bin Mas’ud ra, Rasulullah saw bersabda , “Allah membangkitkan dari tempat ini (pemakaman Ma’la) dan seluruh tanah Harram 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab atau tanpa perhitungan dosa. Setiap orang dapat membawa 70.000 orang. Wajah mereka cerah dan bersinar bagaikan bulan purnama.”

(Penulis: DP)

Translate »