Apa Yang Harus Dilakukan Pada Saat Gempa Terjadi ? Ini Tipsnya

Bencana alam sering terjadi di Indonesia. Bencana alam yang terbaru adalah terjadinya gempa berkekuatan 6,9 magnitudo di Banten dan Lampung yang menewaskan 5 orang dan membuat 200 bangunan rusak, gempa berasal dari lautan selat Sunda yang mengalami pergeseran lempengan bumi. Sebelum itu Indonesia pun sudah sering mengalami gempa ada 6 gempa yang terjadi dari tahun 2013 lalu dan menewaskan banyak korban.

Scarfmedia berikan 4 tips untuk bisa selamat jika terjadi gempa.

1.Tetap Tenang

sumber: allaboutjapan.com

Jika gempa terjadi tetap tenang. Jika Scarflover berada di dalam ruangan cobalah untuk berada di bawah meja dan berpegangan, jangan dekat dengan perabotan rumah yang gampang jatuh dan pecah. Lalu jauhi kaca jendela, karena kaca jendela cepat pecah saat gempa dan akan melukai Scarflover, jika gempa sudah agak reda, cepat keluar dari rumah atau gedung. Tapi jika Scarflover berada di luar ruangan tetaplah di luar dan jauhi gedung.

Baca juga  Makin Seru Berhijab Tanpa Takut Rambut Rusak

2. Bawa Barang – Barang Penting

sumber: skolbilder.com

Setelah gempa sudah reda pastikan hanya membawa barang – barang yang penting saja, misal KTP, handphone, dokumen penting lain, obat, baju, selimut, botol minum, dan tempat makan pada saat Scarflover menuju tempat pengungsian.

3. Belajar Cara Menghadapi Gempa

sumber: youtube.com

Belajarlah cara menghadapi gempa, untuk penyelamatan pertama. Jika gempa terjadi harus selalu ingat drop, cover, dan hold. Drop, jatuhkan badan sedatar dengan tanah jangan berdiri atau berjalan. Cover, tutupi badan Scarflover dengan sesuatu bisa bantal atau benda yang dapat melindungi badan Scarflover. Hold, berpeganlah dengan sesuatu yang stabil dimanapun Scarflover berada.

Baca juga  10 Murid Tewas akibat Tragedi Perahu Terbalik di Pakistan

4. Cek Rumah

sumber: delmarvapublicradio.net

Jika rumah Scarflover terkena getaran gempa cepat cek dapur setelah gempa selesai. Cek listrik, gas, dan air, karena ditakutkan terjadinya gas bocor dan listrik koslet. Pastikan semua barang – barang pecah belah disingkirkan, buka jendela jika semua kimia tercampur (seperti sabun, detergen, pembersih lantai, dan lain lain).

Semoga semua tips yang Scarfmedia berikan berguna bagi Scarflover untuk Earthquake 101, Stay save !

(Penulis: DP)

Translate »