Jumlah Umat Muslim Yang Menunaikan Ibadah Haji Meningkat

Umat Muslim dari seluruh dunia akan melaksanakan ibadah Haji pada tgl 9 Agustus 2019. Jemaah haji yang akan melakukan ibadah tahun ini meningkat dari tahu lalu. Negara  Arab Saudi akan menyambut lebih dari 54.453 jemaah haji selama paruh pertama bulan Juli ini.

Pada tahun ini jemaah akan menggunakan inisiatif ‘Jalan Mekah’ yang merupakan program pembersihan imigrasi jalur cepat. Inisiatif ‘Jalan Mekah’ diluncurkan pada saat ibadah haji 2018 lalu dalam upaya untuk memudahkan proses imigrasi bagi jemaah haji dan umrah. Jemaah Malaysia dan Indonesia adalah yang pertama mencoba sistem baru ini, dikarenakan Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar dan hanya 23.000 jemaah yang dialokasikan untuk beribadah haji tahun 2019. Kuota tersebut dialokasikan sesuai dengan 0,1% dari populasi Muslim di setiap negara.

Layanan imigrasi ‘Jalan Mekah’ ini mencakup administrasi visa, persyaratan kesehatan, dan bagasi di bandara-bandara negara jemaah asal. Sehingga akan memudahkan para jemaah pada saat datang ke Arab Saudi dan membuat mereka fokus hanya untuk beribadah. Menurut pemerintah Saudi, lebih dari 34.192 Muslim terbang ke Madinah melalui 57 penerbangan dan ada sekitar 20.261 jamaah yang tiba di Jeddah dengan 50 penerbangan. (Penulis: DP)

 

Baca juga  4 Rahasia Soto Betawi Jadi Lebih Gurih
Translate »