Begini Cara Liburan Ramah Lingkungan di New Zealand

Sebagai sebuah tujuan wisata yang terkenal dengan bentang dan keajaiban alam yang indah, New Zealand mendorong para pengunjung untuk meminimalkan tourism footprints mereka dengan menyediakan pilihan akomodasi, makanan, dan aktivitas yang ramah lingkungan.

Jika Anda sedang merencanakan liburan, Tourism New Zealand telah mengumpulkan beberapa tips untuk menikmati liburan yang ramah lingkungan di New Zealand.

Bergabung menjadi pelindung New Zealand
Sebagai upaya untuk menjaga lingkungan, pengunjung diajak untuk terlibat dalam “Tiaki Promise” atau “Janji Tiaki”, sebuah inisiatif yang diperkenalkan oleh industri pariwisata New Zealand yang secara aktif mendorong semua pengunjung untuk menikmati New Zealand dengan cara-cara yang dapat melindungi alam, menghormati semua budaya, dan melestarikan negara tersebut untuk generasi masa depan. Pengunjung di New Zealand akan mendapat informasi tentang perilaku yang diharapkan sebelum mereka tiba dan ketika bepergian ke seluruh penjuru negeri, mulai dari membuang sampah pada tempatnya, mengemudi dengan aman, dan menunjukkan perhatian dan kepedulian pada sesama. Pengunjung dapat menunjukkan dukungan mereka di media sosial dengan menggunakan tagar #tiakipromise.

Baca juga  Mengembalikan Kesegaran Tubuh Setelah Libur Panjang

 Menginap di penginapan ramah lingkungan
Berlokasi dekat kaki pegunungan Richardson dan gunung Humboldt, Camp Glenorchy adalah sebuah akomodasi yang menggunakan energi ramah lingkungan (Net Zero) pertama di New Zealand yang dibangun dengan standar keberlanjutan kelas dunia. Akomodasi bangunan ramah energi ini juga memiliki sistem pencahayaan efektf, toilet kompos, dan dilengkapi dengan taman surya di seluruh deretan kabin, penginapan sederhana, dan lokasi campervan nya.

Untuk pilihan yang lebih mewah namun tetap ramah lingkungan, Anda dapat menginap di Manawa Ridge Luxury Eco Retreat. Dibangun dari balok daur ulang, batu bata lumpur, dan dinding jerami, Anda bisa menikmati akomodasi bernuansa artistik dan mewah. Berlokasi di puncak bukit area Coromandel New Zealand, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan 360 derajat ke arah Pantai Waihi, Samudra Pasifik, dan Pantai Coromandel langsung dari setiap kamar.

Menikmati petualangan ramah lingkungan
Pengalaman Anda mengunjungi New Zealand bisa berisi berbagai kegiatan alam yang menyenangkan sekaligus merawat bumi di saat yang bersamaan. Anda dapat “terbang” melintasi pepohonan dan terhubung kembali dengan alam dengan mengikuti tur Kanopi Rotorua yang pernah mendapatkan penghargaan. Di sini, Anda dapat belajar tentang ekosistem hutan New Zealand, satwa liar asli, dan hal-hal apa saja yang sudah dilakukan untuk menjauhkan alam dari berbagai macam ancaman. Anda juga dapat merasakan berada di ketinggian 40 meter di atas kanopi hutan yang belum terjamah.

Baca juga  Kesalahan Umum yang Bisa Terjadi Saat Traveling

Setelah melayang tinggi di udara, Anda bisa pergi ke bawah tanah ke dalam gua-gua di Waitomo di mana terdapat spesies asli cacing pijar, yaitu larva karnivora kecil yang menarik mangsanya dengan cara mengeluarkan sinar. Gua-gua tersebut memiliki aliran air yang mengalir di bagian bawah, sehingga Anda bisa menaiki rakit menyusuri aliran gua, atau jika ingin kaki tetap kering, Anda bisa berjalan di sepanjang trotoar yang tersedia.

Translate »