Zeina Nassar, Model Baru Nike Yang Berhasil Menjadi Petinju Hijab Pertama di Jerman

Nama Zeina Nassar mungkin masih terdengar asing di telinga kita, perempuan berparas cantik ini rupanya merupakan sosok yang berperan mengubah peraturan berhijab dalam pertandingan tinju di Jerman. Memulai kariernya sebagai petinju sejak 2013 silam, kini nama Zeina begitu dikenal sebagai petinju perempuan pertama yang bertanding mengenakan hijab di Jerman.

dok by instagram @zeina.boxer

Tentunya perjuangan Zeina untuk bisa tetap mengenakan hijabnya saat pertandingan tak semudah itu, beberapa kali ia sempat dilarang untuk bertanding mengenakan hijab karena aturan dari International Boxing Association (Asosiasi Tinju Internasional) yang melarang penggunaan segala atribut keagamaan termasuk hijab dalam pertandingan.

Namun, larangan tersebut tak membuat Zeina menyerah begitu saja, Ia dan pelatihnya kerap menghadiri berbagai konferensi untuk mendesak perubahan aturan mengenai penggunaan hijab saat bertanding tinju. Permohonan ini sempat menjadi isu perdebatan di dunia tinju Jerman.

Berkat pembuktian dan kerja keras Zeina yang tak ada habisnya, akhirnya Zeina pun berhasil menjadi petinju berhijab yang mendapat berbagai penghargaan membanggakan. Ini terbukti dari berhasilnya ia menjadi juara Berlin Boxchampionship selama lima kali, dan mendapatkan posisi ketiga di Boxchampion of Germany 2017.

Zeina selalu mengatakan bahwa ia tak ingin dipandang sebelah mata hanya karena penampilan atau hijab yang ia pakai. Karena yang terpenting ialah bagaimana ia menjalani profesinya sebagai petinju, bukan malah dengan terpaku pada agama yang ia yakini beserta kewajibannya untuk menutup aurat.

Baca juga  Strategi Mengatasi Anak yang Sulit Bersosialisasi

Kini, Zeina tengah kembali memperjuangkan haknya dan petinju berhijab lainnya agar dapat bertanding di liga internasional. Zeina berharap dirinya dapat mengubah aturan yang dibuat oleh International Boxing Association untuk tidak membatasi para perempuan berhijab untuk mendapatkan hak yang sama dalam pertandingan tinju.

Berhasil Digandeng Nike Untuk Jadi Model Nike Pro Hijab

Seperti yang telah kita ketahui bahwa brand sportwear ternama, Nike, ikut meluncurkan berbagai koleksi sportwear yang didesain khusus untuk para hijaber. Diberi nama Nike Pro Hijab, semua koleksinya kali ini dirancang khusus dengan material yang ringan,  sehingga tidak terasa memberatkan kepala pemakainya saat beraktivitas dan berkeringat.

Baca juga  Acara Red Carpet “The Apprentice: ONE Championship Edition” Berlangsung Intimate
dok by instagram @zeina.boxer

Sejumlah hijaber pun menjadi sering terlihat di media sosial Nike. Nama-nama yang pernah digandeng Nike untuk jadi modelnya antara lain Ibtihaj Muhammad, Amma Alhadad, dan Mthayel Al Ali. Dan pada baru-baru ini, kabarnya Nike kembali menggaet atlet berhijab untuk mempromosikan produk terbarunya yakni Nike React.

dok by instagram @zeina.boxer

Dilihat dari prestasinya dalam dunia tinju yang kian membanggakan, rupanya hal tersebut membawa Zeina berhasil digandeng Nike untuk jadi model terbarunya kali ini. Dengan digandengnya Zeina Nassar oleh Nike, tentunya hal ini jadi pembuktian bahwa atlet berhijab semakin diakui keberadaannya. (FIA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Translate »