Jangan Sampai Salah Pilih, Kenali Dulu Berbagai Jenis Kandungan Acid Pada Produk Skincare Yang Cocok Untuk Kulit Anda

Bagi Anda para skincare junkie, tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan kandungan acid dalam beberapa produk skincare. Bahkan, beberapa produk juga meng-highlight kandungan yang satu ini sebagai bahan utama produk yang ditawarkannya. Kandungan acid dipercaya memiliki segudang manfaat yang baik bagi kulit salah satunya efektif memperbaiki segala jenis kerusakan pada kulit mulai dari jerawat, noda hitam dan penuaan.

Namun, kandungan acid rupanya juga terdiri dari berbagai macam jenis dan manfaat yang harus dicocokan terlebih dahulu dengan kondisi kulit Anda lho. Karena jika Anda sampai  salah pilih, bukannya membaik, justru malah akan memperburuk kondisi kulit saja.

Agar tak salah pilih, simak beberapa jenis kandungan acid yang telah berhasil Scarf Media rangkum untuk Anda!

1. Salicylic Acid Untuk Kulit Berjerawat

Istilah salicylic acid rupanya masuk ke dalam golongan beta-hydroxy acid (BHA) yang sudah sangat familiar di dunia skincare dan terkenal dapat mengatasi segala masalah kulit berjerawat. Senyawa ini bersifat mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dengan cara melakukan penetrasi ke dalam lapisan epidermis untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat tanpa membuat kulit wajah Anda mengalami breakout. Sehingga bagi Anda yang memiliki kulit wajah berjerawat atau rentan terhadap breakout, produk dengan kandungan salicylic acid akan jadi pilihan terbaik untuk solusi permasalahan kulit Anda.

Baca juga  Laneige Beauty In Ramadhan
dok by kiehls.com

2. Hyaluronic Acid Untuk Kulit Kering

Hyaluronic acid terkenal dengan nama lain the hydrating hero. Kandungan ini bukan bekerja sebagai eksfoliator yang berfungsi mengangkat lapisan sel-sel kulit, melainkan untuk membantu meningkatkan hidrasi kulit dengan sangat baik. Hyaluronic acid  juga merupakan salah satu komponen alami di dalam tubuh yang membuat kulit terasa lebih lembut dan kenyal. Maka tak heran kalau Anda sering menemukan kandungan yang satu ini dalam sejumlah produk pelembap dan disebut-sebut merupakan kandungan yang paling ampuh mengatasi masalah kulit kering.

dok by cosrx.kr

3. Glycolic Acid Untuk Kulit Normal

Memiliki bahan aktif yang paling lembut, membuat kandungan glycolic acid jadi rekomendasi untuk Anda yang memiliki kulit normal atau baru pertama kalinya mencoba skincare dengan kandungan acid. Kategori asam AHA (alpha-hydroxy acid) ini memiliki ukuran molekul terkecil, sehingga dapat menyerap dan memberikan hasil dengan optimal. Anda bisa coba pilih jumlah produk dengan persentase kandungan 6 – 10 dan gunakan 2 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

dok by mariobadescu.com

 

4. Lactic Acid Untuk Kulit Sensitif

Anda memiliki jenis kulit kering yang cenderung sensitif? Produk dengan kandungan lactic acid akan jadi teman baik Anda. Tidak seperti kandungan acid lainnya, lactic acid didapatkan dari susu sapi sehingga kaya akan elemen yang dapat melembapkan kulit dan sangat aman digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Baca juga  Penyebab Kuku Mudah Rapuh?

dok by sundayriley.comLactic acid sebenarnya hampir mirip dengan kandungan glycolic acid,  namun versi lebih ringan, dan sama-sama bisa mengurangi risiko iritasi. Karena itu, kini Anda  bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan tampak lebih cerah, tanpa perlu mengkhawatirkan efek samping dari senyawa asam.

5. Citric Acid Untuk Kulit Kusam dan Memiliki Banyak Noda Hitam

Mungkin Anda masih asing dengan kandungan acid yang satu ini, citric acid merupakan kandungan yang biasa ditemukan pada buah citrus seperti lemon, grapefruit dan limau. Produk dengan kandungan Citric acid juga dipercaya mampu menyamarkan dark spot seperti bekas jerawat dan age spot serta kulit wajah yang tidak merata sehingga jadi solusi yang tepat bagi Anda yang memiliki kulit wajah kusam dengan banyak bekas jerawat.

dok by neotrata.com

Perlu diingat, citric acid memang memiliki efek samping berupa sensasi sedikit perih dan kemerahan sehingga Anda tak perlu khawatir jika nanti merasakan hal tersebut karena hanya bersifat sementara. (FIA)

 

 

Translate »