Mengulik Ide Di Balik Hijab Squad

Sepanjang Oktober lalu, Scarf Media mulai memperkenalkan tujuh perempuan yang tergabung dalam cast Hijab Squad, sebuah web series yang akan mengangkat kehidupan perempuan hijab dengan berbagai kepribadian. Ketujuh perempuan cantik tersebut adalah Nindy Gita Sary, Prili Nur AfridaMaulaa ‘Nancy’ Hamidaturrahmatullah, Riska Hajar, Intan Widya Nanda, Aliah Sayuti, dan Yasirli ‘Sherly’ Salanda.

Kali ini Scarf Media berbicara dengan Surya, sosok sutradara di balik Hijab Squad yang akan segera tayang di akun YouTube Lahan Seni.

Scarf Media (SM): Kenapa memilih untuk membuat web series dengan target muslimah?

Surya (S): Menurut saya, para cast Hijab Squad punya potensi besar untuk menjadi media kampanye hal-hal positif, karena dasarnya mereka adalah model-model hijab yang juga menjadi influencer bagi muslimah lainnya. Dalam web series ini pun kami mempunyai misi dakwah meskipun masih banyak kekurangan yg perlu di koreksi dari segi kacamata syar’i.

Baca juga  Apa Itu OCD?
Courtesy of Instagram @jariskariyanti

 

SM: Hal apa yang membuat tujuh perempuan yang menjadi anggota Hijab Squad sekarang ini bisa terpilih menjadi cast? Apakah ada kriteria khusus atau audisi yang dilakukan untuk memilih para cast?

S: Mereka tidak kami pilih, karena banyak dari mereka sudah bersahabat sebelum Hijab Squad dimulai. Justru saya terinspirasi dari persahabatan mereka untuk menggarap web series ini. Jadi tidak ada audisi dalam pemilihan tokoh di web series ini.

SM: Saat pembuatan skenario atau shooting, apakah ada perbedaan kartika membuat Hijab Squad dengan dengan proses shooting web series dengan tema yang lebih general, seperti drama romantis?

Courtesy of Instagram @intanwidyananda

S: Tentu ada, karena para cast membawa label hijab atau muslimah jadi saya selaku sutradara dan penulis sangat berhati-hati dalam pemilihan kata dan kalimat dalam naskah/ skenario mereka. Dan tidak hanya itu dalam pemilihan properti, wardrobe, dan makeup pun saya harus berhati hati karena itu semua sudah diatur dalam hukum syar’i.

Baca juga  Tampil Simple, Intip Gaya Cut Syifa Memakai Hijab.

SM: Adakah film atau serial khusus yang menginspirasi dalam proses pembuatan Hijab Squad?

S: Saya terinspirasi dari serial komedi tahun ’90-an yaitu F.R.I.E.N.D.S. Untuk Hijab Squad sendiri saya menggunakan pendekatan humor.

Courtesy of Instagram @intanwidyananda

 

Courtesy of Instagram @jariskariyanti

SM: Rencananya Hijab Squad akan tayang dalam berapa episode? Lalu apakah akan tayang di media lain?

S: Sekuel perdana Hijab Squad akan dibagi dalam dua episode dengan durasi masing masing 12 menit. Dan untuk penayanganya sejauh ini kami hanya akan menayangkanya di akun YouTube Lahan Seni.

SM: Apa yang paling spesial dari Hijab Squad sampai harus ditunggu dan disaksikan kehadirannya?

S: Hijab Squad tak sekadar akting tapi juga akan menampilkan bakat-bakat para cast, seperti menari dan menyanyi. Nantinya akan ada empat lagu soundtrack, di mana dua lagu akan dinyanyikan para cast sementara sisanya dibawakan oleh Morai dan Hi Friday Band

Translate »