4 Produk Kecantikan yang Mengubah Sejarah

Dunia kecantikan terus berevolusi. Di setiap masa tertentu, akan selalu ada produk dan inovasi baru yang menjadi tren. Namun, ada beberapa produk yang menjadi kunci dunia kecantikan dan merubah industri ini hingga sekarang. Seperti yang kami lansir dari Harper’s Bazaar berikut ini merupakan produk yang merubah dunia kecantikan:

  1. Eyeliner

Muncul sekitar awal 10.000 tahun Sebelum Masehi di Mesir Kuno dan Mesopotamia, eyeliner disebut sebagai rahasia kecantikan Cleopatra. Eyeliner yang dulu berbentuk kohl tidak selalu digunakan untuk tujuan estetika, tapi juga menjadi instrumen wajib dalam prosesi pemujaan karena dipercaya dapat melindungi dari kekuatan jahat.

Sempat dianggap kuno, eyeliner kembali menjadi tren di 1920-an setelah masuk ke Yunani, Roma, dan negara lainnya. Seiring perkembangan zaman akhirnya terciptalah liquid eyeliner di tahun 1960-an yang diikuti dengan tren cat eye. Hingga saat ini eyeliner masih menjadi trend dengan jenisnya yang semakin beragam.

Baca juga  3 Rangkaian Perawatan untuk Keindahan Rambut Anda
Courtesy of Instagram @tasyafarasya

 

 

  1. Lipstik merah

Sama seperti eyeliner, lipstik merah pertama kali muncul di zaman Mesir Kuno dan Mesopotamia sekitar 5000 tahun yang lalu, dibuat dari semut merah dan kumbang.

Pada tahun 1400 hingga 1800-an lipstik dianggap sebagai sesuatu yang negatif, mulai dari bentuk penjelmaan setan hingga dianggap sebagai penyihir. Bahkan beberapa negara melarang penggunaan lipstik.

Masa Perang Dunia II menjadi titik balik perkembangan lipstik. Wanita yang ketika itu dituntut harus kuat memakai lipstik merah sebagai simbol keberanian, patriotisme, dan ketangguhan.

Courtesy of Instagram @claurakiehl

 

 

  1. Bulu mata palsu

Bulu mata palsu menjadi produk kecantikan favorit beberapa wanita karena dapat mmberi tampilan mata yang menawan. Pada tahun 1911, seorang wanita asal Kanada bernama Anna Tylor membuat hak paten AS untuk bulu mata palsu buatannya yang berbentuk lengkungan bulan sabit, seperti yang masih digunakan sampai sekarang. Ia menggunakan bahan serat kain dan sedikit rambut dalam bulu mata palsu buatannya ini.

Baca juga  ‘‘TIPS PUSH UP YANG BENAR’’ ala Jenahara Nasution

 

  1. Hair dryer

Hair dryer tentu menjadi salah satu alat kecantikan yang hampir dimiliki oleh semua perempuan. Sebelum adanya hair dryer, orang mengeringkan rambutnya dengan menggunakan vacuum cleaner. Kemudian pada 1888 seorang penata rambut dari Perancis, Alexandre-Ferdinand Godefroy mematenkan versi awal sebuah hair dryer yang mengambil inspirasi dari vacuum cleaner. Hingga saat ini, hair dryer semakin berkembang dan menjadi barang yang biasa dimiliki oleh para perempuan. (AUL)

Translate »