
Tren Gaya Hidup Plant-Based
BASE merupakan sebuah brand kecantikan yang kembali menggelar diskusi virtual bersama komunitasnya dalam acara BASE Talk edisi ke-3 dengan tema “Plant-Powered Day”. Melalui BASE Talk, Base berinisiatif untuk mengajak generasi muda agar dapat menjalankan gaya hidup lebih sehat yang tidak hanya berfokus pada kesehatan fisik namun juga kesehatan lingkungan.
Tiga pembicara turut hadir dalam diskusi tersebut yaitu, Annabella, sebagai Vegan Advocate dan Cruelty-Free Beauty Enthusiast, Max Mandias, selaku Co-Founder & Chief Innovation Officer dari Burgreens dan Green Rebel, dan Ratih Permata Sari, selaku Co-founder/CPO dari BASE.
BASE dalam diskusi ini mengajak untuk melakukan gerakan gaya hidup sehat. Gerakan gaya hidup sehat seperti gaya hidup vegan sudah banyak diadopsi oleh masyarakat. Sudah banyak orang yang menhindari untuk mengonsumsi produk-produk hewani.
Seperti yang diungkapkan oleh Anabella mengenai prosesnya dalam menerapkan gaya hidup vegan/plant-based, “Saya menjalani proses yang bertahap dan tidak bisa dilakukan secara instan (overnight). Pada praktiknya saya juga mengalami transisi kebiasaan baru, misalnya menjadi lebih sering ke kamar mandi ketika baru awal-awal menjalani gaya hidup vegan ini.”
Tidak hanya Annabella, Max juga berpendapat bahwa menjalani gaya hidup vegan membutuhkan proses transisinya sendiri.
“Penting sekali untuk melakukan research sebelum menerapkan gaya hidup plant-based dalam sehari-hari, starts small dan membutuhkan proses transisi tersendiri. Riset dapat dimulai dari latar belakang personal kenapa ingin menjalani gaya hidup vegan/plant-based ini”, ujar Max Mandias.
Gaya hidup vegan atau plant-based sangat mempengaruhi pola konsumen, tidak hanya dari konsumsi makanan, namun juga dalam dunia kecantikan. Ratih Permata Sari menjelaskan bahwa gaya hidup plant-based memiliki dampak positif untuk konsumen dalam industri kecantikan.
“Konsumen saat ini sudah lebih pintar dalam memilih apa yang mereka konsumsi (conscious consumerism), selain memilih produk yang bermanfaat untuk mereka namun juga terhadap lingkungan. Melihat situasi ini, BASE pun mengadopsi gaya hidup plant-based ke dalam industri kecantikan melalui edukasi terhadap konsumen mengenai pentingnya gaya hidup plant-based dan dampak positif apa yang konsumen dapatkan”, kata Ratna Permata Sari.
(HV)