Mengenal Bakteri Mycoplasma, Pemicu Penyakit Pneumonia ‘Misterius’ yang Tersebar di China

Wabah pneumonia ‘misterius’ sedang melanda China. Tercatat melalui laporan The Messenger, yang dikutip Newsweek pada Kamis (30/11/2023), dalam seminggu terakhir, 80 dari setiap 100.000 anak berusia antara 5 dan 14 tahun menderita pneumonia.

Image: NurPhoto via AFP

Wabah pneumonia yang menyerang banyak anak di China, bukan disebabkan oleh virus atau bakteri baru seperti COVID-19. Penyebab pneumonia di China yaitu karena patogen yang sudah ada, seperti bakteri Mycoplasma pneumonia, influenza, respiratory syncytial virus, dan adenovirus.

Baca juga  MasyaAllah, Gunung Megah Ini Berwarna Pelangi

Mycoplasma adalah bakteri yang dapat menginfeksi berbagai bagian tubuh. Bagian tubuh yang terserang, seperti paru-paru, kulit, atau saluran kemih, bergantung pada jenis bakteri mycoplasma yang menyebabkan infeksi

Merespon wabah tersebut, Kemenkes RI pun meminta fasyankes di Indonesia untuk bersiap-siap. Kemenkes juga terbitkan surat edaran terkait penyakit tersebut.

Baca juga  Jenis Olahraga yang Harus Dihindari Saat Tengah Datang Bulan

“Kita sudah mengeluarkan surat edaran, WHO juga sudah meneliti. Hasilnya, patogen-patogen yang ada di China adalah patogen yang sebelumnya sudah ada. Jadi bukan virus atau bakteri baru, tapi ini virus dan bakteri lama,” kata Budi melansir dari Kompas.com, Rabu (29/11/2023).

Translate »