Menyusuri Ragam Keindahan Masjid di Maroko

Maroko menjadi salah satu wilayah dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, sehingga tidak diragukan lagi banyak sekali masjid megah disana. Banyak masjid di Maroko dengan desain arsitek yang estetik dan indah. Destinasi wisata masjid di Maroko cukup ketat peraturannya, beberapa diantaranya tidak memperbolehkan pengunjung non-Muslim untuk masuk ke dalam masjid. Namun saja, keindahan pemandangan masjid masih dapat terlihat dari keindahan bangunan luarnya. Mari mengelilingi keindahan masjid-masjid yang harus ada pada daftar destinasi Scarflover di Maroko

1. Hassan II Mosque

Image: Tripadvisor

Terletak di Casablanca, Masjid Hassan II yang megah adalah salah satu situs paling ikonik di kota ini. Memang benar, keajaiban arsitektur yang mempesona ini sering dikatakan sebagai salah satu masjid terindah di dunia. Salah satu masjid terbesar dan tertinggi di dunia, banyak detail mencolok pada bangunannya, seperti ubin zellige dan kayu berukir indah hingga detil plester yang rumit dan dinding tadelakt yang halus. Ini adalah salah satu dari sedikit bangunan keagamaan di Maroko yang terbuka untuk umum.

Baca juga  5 Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Muslim di Korea

2. Koutoubia Mosque

Image: Barcelo.com

Salah satu landmark paling terkenal di Marrakesh, Masjid Koutoubia pernah dikelilingi oleh penjual buku, sehingga muncul istilah ‘masjid penjual buku’. Dibangun pada era Almohad, masjid ini menampilkan desain khas dari periode tersebut (abad ke-12 dan ke-13). Menara ini dibangun dari batu berwarna merah muda dan menaranya memiliki ubin hijau yang kontras.

3. Tin Mal Mosque

Image: Atlas Obscura

Masjid Tin Mal terletak di pegunungan High Atlas Mountains, dibangun sekitar abad ke-12 oleh Dinasti Almohad yang menguasai sebagian besar wilayah Afrika Utara dan Spanyol. Berada di atas sebuah bukit yang menghadap ke pedesaan, Tin Mal terlihat sangat menonjol. Bentuk masjid ini pun sangat khas. Sebagai peninggalan abad pertengahan, Tin Mal Mosque memiliki menara di atas Mihrab. Kalau dilihat dari desa akan mirip kastil. Interior masjid ini diperlihara dengan baik. Di bagian yang tak beratap, ada sejumlah pilar-pilar instagenik yang berwarna merah muda. Terbuka untuk pengunjung non-Muslim.

Baca juga  3 Kuliner Khas Korea Selatan yang Ramah Muslim

4. Sentissi Mosque

Image: Reddit

Masjid Sentissi terletak di kota kecil di lereng bukit Moulay Idriss Zerhoun. Sebuah masjid yang menarik karena menaranya, berupa menara silinder. Ditutupi ubin hijau dengan ayat-ayat Alquran ditampilkan di sekitar menara dengan ubin putih kontras.

5. Grand Mosque of Oujda

Image: Guide Du Routard

Oujda dapat ditemukan di timur Maroko, dekat perbatasan dengan Aljazair. Grand Mosque adalah salah satu bangunan paling menarik di kota ini, sekaligus salah satu yang tertua. Dibangun pada akhir abad ke-13, pada masa dinasti Marinid, bangunan ini telah dipugar untuk melestarikan dan menampilkan desain Maroko-Andalusia yang indah. Pola warna-warni berada di antara detail plester putih halus dan ubin zellige yang menakjubkan membuat air mancur dan fitur lainnya juga menonjol dengan warna.

Translate »