Kandungan Sunscreen yang Berpotensi Merusak Terumbu Karang

Pentingnya sunscreen dapat menjaga kulit agar tidak terpapar sinar matahari langsung. Dengan pencegahan tersebut maka akan mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit kita, terutama kulit wajah. Namun, tahukah Scarflover ternyata sunscreen memiliki potensi pada rusaknya terumbu karang di laut? Berikut ini kami beri penjelasan terhadap dampaknya.

1. Pemutihan Terumbu Karang

Menurut penelitian ICRI, telah menunjukkan pemutihan terumbu karang sebagai respons terhadap sunscreen. Sunscreen yang beredar di pasaran memiliki bahan kimira yang membahayakan kehidupan laut, diantaranya Oxybenzone, Benzophenone-1, Benzophenone-8, OD-PABA, 4-Methylbenzylidene camphor, 3-Benzylidene camphor, nano-Titanium dioksida, nano-Zinc oxide, Octinoxate, Octocrylene.. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa alasan, yaitu dalam kegelapan, pemutihan terjadi akibat simbiofagi dari zooxanthellae; sebuah proses dimana tuan rumah sel ‘memakan’ zooxanthellae. Oxybenzone menginduksi pemutihan karang dengan cara menurunkannya suhu di mana karang memutih terkena tekanan panas yang berkepanjangan. Artinya dampak peningkatan suhu permukaan laut dapat diperburuk dengan adanya sunscreen terkontaminasi dan ketahanan karang terhadap iklim perubahan dirusak.

Baca juga  Sangat Praktis, Ini Dia Sunscreen Stick Lokal!

2. Kerusakan pada larva karang

Beberapa bahan kimia pada sunscreen, dalam situasi tertentu, menjadi penyebabnya larva karang berhenti berenang, berubah bentuk dan akhirnya mati. Oxybenzone telah terbukti menjadi pengganggu endokrin, menyebabkan sel-sel epidermis luar larva karang berubah menjadi kerangka pada tahap yang salah dalam perkembangannya.

Baca juga  Waspadai Kulit Kering di Musim Hujan

3. Kerusakan DNA karang

Oxybenzone telah terbukti bersifat genotoksik. Artinya, merusak DNA karang yang bisa berkurang umur karang dan kekebalan terhadap penyakit, serta mengganggu perkembangan dan reproduksi karang secara normal.

Adapun pengurangan potensi rusaknya terumbu karang akibat sunscreen. Scarflover bisa menggunakan sunscreen yang memiliki Label ‘safe reef/aman bagi terumbu karang’ mengartikan bahwa tabir surya mengandung bahan pemblokir UV dari kandungan mineral mineral seperti zinc dan titanium dioxide.

Translate »