Langit Jakarta Kembali Berwarna, Ini Tips Tubuh Tetap Fit di Cuaca Panas

Menurut data IQAir pada hari ini kondisi udara di Jakarta membaik berada di angka 63. Dilihat dari langitnya yang biru dan cuaca panas, Scarflover harus tetap menjaga kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Berikut ini tips agar tubuh tetap fit saat menghadapi cuaca panas.

1. Konsumsi Mineral yang Cukup

Hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Untuk itu, cuaca yang panas, perbanyaklah minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya. Hindari konsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh. Konsumsi alkohol juga dapat memperparah dehidrasi.

Baca juga  Tips Outfit Hijab untuk Olahraga, Tampil Sporty dengan Nyaman

2. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan kandungan vitamin di dalamnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Olahraga

Usahakan tetap berolahraga minimal jogging selama 15 menit. Hal ini untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan mengurangi risiko munculnya penyakit. Kenakan outfit yang nyaman saat olahraga agar tidak membatasi ruang gerak.

4. Istirahat yang Cukup

Baca juga  Akibat Mager Bisa Memicu Kerusakan Tulang

Setelah beraktivitas seharian, tetap jaga kondisi badan Anda dengan tidur yang cukup. Cuaca yang terik usahakan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Jika ingin bepergian hendaknya memakai pelindung kepala, seperti payung dan topi untuk menghindari panasnya siar matahari langsung mengenai kepala.

5. Jangan Terlalu Sering Mandi

Kondisi cuaca yang panas menyebabkan badan terasa gerah dan lengket, tentu rasanya ingin bolak-balik mandi. Namun, hal ini tdiak dianjurkan karena mandi terlalu sering dalam sehari hanya dapat membuat kulit jadi kering. Untuk itu, mandi sewajarnya 2 kali sehari meski cuaca sedang terik.

Translate »