Perbanyak Berbagi Kebahagian Kunci Kebahagiaan Akhirat

Investasi di Akhirat: Menjalin Keberkahan dengan Berbagi Kebaikan

Sesama manusia sudah selayaknya kita saling berbagi kebahagiaan. Dengan ini diharapkan dapat bermanfaat dan mendapatkan keberkahan, baik di dunia maupun di akhirat. Kegembiraan yang diciptakan untuk saudara kita memberikan suasana batin yang positif untuk melahirkan hal-hal positif berikutnya. Senyum yang melengkung di wajah saudara kita akan berdampak baik bagi perasaannya sehingga setiap langkah dan sikapnya juga akan terpengaruh besar untuk mengarah pada hal apik berikutnya.

Baca juga  Kisah Halimah Sa'diyah Mendapat Keberkahan Setelah Asuh Nabi Muhammad

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah dan dikutip Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki dalam kitabnya, Kasyful Ghummah. Disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda:

  إِنَّ مِنْ مُوْجِبَاتِ الْمَغْفِرَةِ إِدْخَالُكَ السُرُوْرَ عَلَى أَخِيْكَ الْمُسْلِمِ أَوْ إِشْبَاعِ جُوْعٍ عَنْهُ وَتَنْفِيْسِ كُرْبَتِهِ 

Artinya: “Sungguh di antara hal yang mewajibkan seseorang mendapatkan ampunan adalah berbagi kegembiraan kepada saudaramu yang Muslim, atau memberikan kecukupan dari kelaparannya, dan meringankan beban kesusahannya.” 

Baca juga  Memahami Makna “Sakinah” dalam Hubungan Keluarga

Berbagi kegembiraan ini menjadi amal yang paling dicintai oleh Allah swt setelah amalan-amalan fardu. Artinya, tingkatannya sangat tinggi, hanya satu level di bawah wajib saja, saking dianjurkannya menebarkan kegembiraan bagi sesama ini.

Translate »