Gempa 7,8 M Guncang Turki & Suriah Akibatkan Lebih dari 1.500 Korban Tewas

Menghancurkan bangunan di Malatya dan menjebak orang.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 melanda Turki Selatan dan Suriah pada Senin (2/6) waktu setempat. Sedikitnya 1.500 orang tewas setelah dua gempa kuat melanda Turki dan Suriah hanya dalam waktu 12 jam.

Image: The Guardian

Dilansir dari laman The Guardian, korban tewas diperkirakan akan meningkat dengan operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung di seluruh wilayah karena banyak bangunan runtuh di Malatya dan diperkirakan banyak orang terjebak di reruntuhan.

Baca juga  Makna Dibalik Mutiara Kate Middleton dan Megan Markle Saat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Angka resmi dari Turki mengatakan 1.014 orang tewas di sana, 5.383 terluka, dan 2.818 bangunan runtuh.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia tidak dapat memprediksi berapa banyak korban tewas akan meningkat karena upaya pencarian dan penyelamatan terus berlanjut.

“Setiap orang berusaha sepenuh hati meskipun musim dingin, cuaca dingin dan gempa bumi yang terjadi pada malam hari membuat segalanya menjadi lebih sulit,” ujar Presiden Erdogan.

Baca juga  MasyaAllah, Gunung Megah Ini Berwarna Pelangi

Lebih dari 10 tim pencarian dan penyelamatan dari Uni Eropa telah dikerahkan setelah gempa besar yang melanda Turki. AS, Inggris, Israel, Rusia, dan China adalah beberapa negara lain yang telah membuat penawaran bantuan publik.

Translate »