Jakarta, Surabaya & Medan Jadi Destinasi Favorit Bepergian.

Tiket.com dan Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kemenparekraf RI pada hari Selasa (13/12), menyajikan pemaparan Data Riset Tren Industri Pariwisata hasil sinergi data dari kedua belah pihak dalam Webinar Nasional bertajuk “New Paradigm of Indonesia Tourism Industry Trend 2023”.

“Apresiasi terbesar saya berikan kepada semua pihak yang terus berkolaborasi untuk bangkitnya pariwisata nusantara serta meningkatkan resiliensi industri yang sempat terhantam dengan keras saat pandemi. Kemenparekraf RI dan tiket.com sempat berdiskusi terkait paradigma baru pariwisata, yang terdiri dari Wellness Tourism, Work from Destination, Culture Immersion serta Off-Grid Travel,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Selain itu, Sandiaga Uno juga mengungkapkan paradigma baru di ekonomi kreatif, yaitu Digital Acceleration, Local Before Global dan Metaverse-Era, serta pentingnya kolaborasi dalam membangkitkan industri.

Baca juga  Industri Pariwisata Mulai Membaik
Image: tiket.com

Mengacu pada rangkuman data kolaborasi tiket.com bersama Pusdatin Kemenparekraf, tiga destinasi favorit masyarakat untuk bepergian dalam negeri masih didominasi dengan tujuan di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Jumlah outbound tourism Indonesia mengalami peningkatan dengan kenaikan pemesanan sebesar 81,8% dan jumlah pax 90,9%. 

Tiket penerbangan domestik mengalami peningkatan dari tahun 2020 di mana menggambarkan bahwa perilaku konsumen cenderung stabil. Staycation semakin populer, membuat tingkat hunian kamar hotel berbintang mengalami peningkatan sebesar 49,85% (menurut data BPS Mei 2021 – Mei 2022). 

Menurut data dari tiket.com, vila dan apartemen pun semakin diminati seiring dengan maraknya tren staycation, angka pemesanan meningkat dua kali lipat dari sebelum pandemi menjadi 204% dengan tiga kota yang menjadi tujuan favorit masyarakat untuk staycation yakni area: DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Baca juga  Floratama, Destinasi Super Prioritas dan Super Premium di Indonesia

“Tren konsumen kini menunjukkan bahwa wisatawan lebih cenderung memilih destinasi Local Before Global, maraknya layanan touchless service,mengutamakan unsur kesehatan dan keamanan, dan meningkatnya kesadaran akan sustainability,” ungkap Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani. 

Ia juga menambahkan bahwa Expedia memprediksi bahwa kualitas akan menjadi pendorong utama keputusan perjalanan, baik terkait mindfulness, sensation-seeking, culture immersion, atau pengaturan akomodasi maupun perjalanan yang berkualitas.

(BR)

Translate »