Imbas Mogok Produksi, 5 Jenis Kacang Ini Bisa Dibuat jadi Tempe!

Harga kedelai yang terus melambung tinggi mengakibatkan para perajin tahu tempe di pulau Jawa melakukan aksi mogok produksi pada 21-23 Februari 2022. Alih-alih khawatir, tidak dapat mengonsumsi tahu tempe, berikut terdapat lima jenis kacang yang bisa diolah menjadi tempe.

Lalu, apa saja jenis kacang-kacangan tersebut, ya?

 

  1. Kacang hijau

Kacang hijau mudah diperoleh di pasaran dan harga kacang hijau sangat murah. Sebelum mengolah kacang hijau menjadi tempe, maka harus membersihkan kulitnya dulu dan direndam dalam air.

Kacang hijau dikenal sebagai sumber protein yang rendah lemak, mengandung banyak serat, dan kaya antioksidan. Tidak hanya itu, kacang hijau juga terdapat beragam nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, folat, dan kalsium.

Baca juga  Tips Sukses Intimate Wedding

 

  1. Kacang tanah

    Image : pexels

Sebagai pengganti dari kacang kedelai, di daerah Yogyakarta dan beberapa daerah Jawa Timur terdapat tempe yang terbuat dari kacang tanah.

Tekstur tempe yang terbuat dari kacang tanah cenderung kasar jika dibandingkan dengan kacang kedelai. Rasa tempe ini juga sedikit hambar apabila dimakan secara mentah.

 

  1. Kacang tolo

Kacang tolo biasa diolah sebagai gulai atau campuran untuk sambal goreng krecek. Kacang tolo juga cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan tempe.

Kacang ini mengandung beragam nutrisi seperti tinggi protein, kalsium, dan serat. Tempe yang terbuat dari kacang tolo akan bertekstur lebih padat.

 

  1. Kacang koro

Masyarakat Yogyakarta terbiasa mengolah tempe dari kacang koro. Ukuran kacang koro lebih besar daripada kacang kedelai. Cita rasa gurih kacang koro cocok diolah jadi tempe.

Kacang ini juga menyehatkan untuk jantung, karena mengandung nutrisi seperti, zat besi, tembaga, fosfor, dan kalium.

 

  1. Kacang gude

Kacang ini biasa diolah sebagai pelengkap sayur bening, gude goreng, sayur lodeh dan cocok pula jadi bahan baku tempe.

Kacang gude juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, folat, dan fosfor.

Baca juga  Langkah Pintar Menghadapi Hoaks
Translate »