1001 Manfaat Beras Hitam untuk Tubuh

Bisa dikatakan bahwa nasi adalah makanan wajib bagi orang Indonesia. Sampai-sampai ada ungkapan bahwa “belum makan jika belum ada nasi”.

Ada banyak sekali model nasi yang bisa dikonsumsi, yakni nasi putih, nasi merah, nasi cokelat dan nasi hitam. Namun yang masih banyak dikonsumsi tentu saja nasi putih.

Akan tetapi, nasi putih dikenal memiliki kadar gluten yang tinggi, sehingga banyak dihindari oleh penderita diabetes. Sehingga banyak yang beralih ke yang lebih sehat, misalnya nasi hitam.

Meski tak sepopuler nasi merah, nasi hitam ternyata memiliki manfaat yang luar biasa lho, Scarf Lover. Apa saja ya?

Mengandung senyawa antosianin

Bagi Anda yang belum tahu, senyawa antosianin adalah sebuah pigmen yang berkontribusi dalam membuat warna hitam pada beras. Tak hanya sekadar warna, namun juga banyak manfaatnya, seperti anti-inflamasi, antioksidan, hingga antikanker.

Baca juga  Catat! Ini Bahayanya Jika Anda Terlalu Lama di Depan Layar Laptop!

Kaya akan antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa beras hitam mengandung lebih dari 23 jenis antioksidan dan memiliki aktivitas antioksidan tertinggi dari semua varietas beras.

Meningkatkan kesehatan jantung

Mengingat kaya akan antioksidan, beras hitam dapat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan flavonoid seperti yang ditemukan dalam beras hitam telah dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan dan kematian akibat penyakit jantung

Mendukung kesehatan mata

Penelitian menunjukkan bahwa beras hitam mengandung lutein dan zeaxanthin dalam jumlah tinggi. Dua jenis karotenoid yang terkait dengan kesehatan mata. Senyawa ini bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melindungi mata Anda dari radikal bebas yang berpotensi merusak. Secara khusus, lutein dan zeaxanthin telah terbukti membantu melindungi retina dengan menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya

Baca juga  Tips Tidur untuk Orang yang Sangat Sensitif

Membantu menurunkan berat badan

Beras hitam sangat cocok untuk Anda yang tengah memiliki program menurunkan berat badan karena beras hitam sangat kaya akan sumber protein dan juga serat. Sehingga, membuat rasa kenyang menjadi tahan lebih lama.

image: zadaya – creativethings.id

Tertarik untuk langsung mengonsumsi beras hitam? Tak perlu bingung dimana mencarinya, karena Anda bisa dengan mudah menemukannya di creativethings.id, yakni dari brand Zadaya. Zadaya tidak hanya menyediakan beras hitam, namun ada juga beras merah.

Beras hitam cocok untuk Anda yang ingin memulai hidup sehat. Nah, sebagai pelengkap, lebih cocok ditemani dengan kuliner ayam kampung betutu dari RM Ibu Bali

image: rm ibu bali – creativethings.id

Sangat menggugah selera bukan? Cocok untuk dihidangkan sebagai menu sahur bersama keluarga.

Translate »