Dana Siap Pakai Senilai 3,5 M Diserahkan BNPB untuk Menangani Banjir Kalimantan Selatan

Batuan Dana Siap Pakai (DSP) senilai 3,5 miliar diserahkan oleh Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani masalah banjir di Provinsi Kalimantan Selatan.

Nantinya, DSP tersebut akan dikerahkan untuk lima kapubaten yang mengalami banjir paling parah, diantaranya seperti abupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Balangan.

image: bnpb.go.id

Sahbirin Noor sebagai Guebrnur Kalimantan Selatan mengatakan dengan adanya bantuan tersebut akan memunculkan semangat bagi pemerintah untuk bisa lebih maksimal menangani bencana.

Baca juga  Aksi Bela Indonesia, Natuna Memanggil

“Ini memberikan semangat daya dorong bagi kita dalam menghadapi musibah banjir yang melanda kita.” paparnya.

Kepala BNPB, Doni Monardo juga menuturkan bahwa Pemerintah Pusat melalui BNPB akan memberikan sejumlah bantuan dana stimulan untuk rumah warga yang mengalami kerusakan akibat dari banjir tersebut.

Besaran dana tersebut yakni 50 juta rupiah untuk rumah yang rusak berat, 25 juta rupiah untuk rumah rusak sedang dan 10 juta rupiah untuk rumah rusak ringan.

Baca juga  Banjir Bandang Di Sigi Menghanyutkan 7 Rumah

“Kami sesuai arahan dari bapak Presiden akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah, baik itu rusak berat, rusak sedang maupun rusak ringan,” katanya.

Doni meminta untuk para pemangku kebijakan agar melakukan pendataan dengan benar agar proses penyaluran bantuan bisa cepat dilakukan. Dirinya juga meminta agar segera dibentuk satgas untuk mempersiapkan upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

(AA)

Translate »