3 Bahan Alami untuk Hilangkan Minyak Berlebih di Wajah

Salah satu permasalahan wajah yang kerap dialami oleh perempuan adalah kulit berminyak. Minyak pada wajah merupakan hasil produksi sebum dari kelenjar sebaceous. Sebum berfungsi melindungi dan melembabkan kulit, namun jika terlalu banyak sebum di wajah bisa menyebabkan kulit berminyak yang membuat pori-pori tersumbat dan jerawat.

Berikut ini, 3 bahan alami yang bisa ScarfLover racik di rumah untuk mengurangi minyak berlebih di wajah supaya jauh dari jerawat.

  1. Madu

Madu mengandung antibakteri dan antiseptic yang bisa membuat kulit tetap terjaga dari bakteri. Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak. Ambil madu alami yang ada di rumah, kemudian oleskan ke bagian wajah. Diamkan hingga 10 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Oatmeal
Baca juga  3 Sampo yang Aman Dipakai Bagi Ibu Hamil

Salah satu bahan alami lainnya yang bisa mengurangi minyak berlebih di wajah adalah oatmeal. Kandungan yang ada di oatmeal bisa menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Ini juga membantu pengelupasan kulit mati. Tumbuk oatmeal dan tambahkan yogurt dan madu. Kemudian aplikasikan sebagai masker di wjaah Anda. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

  1. Putih telur dan lemon
Baca juga  Kegunaan Hyaluronic Acid Untuk Rambut

Putih telur dan lemon adalah bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kulit berminyak. Kedua bahan tersebut dianggap mengencangkan pori-pori. Asam dalam lemon dan buah jeruk lainnya dapat membantu menyerap minyak. Menurut sebuah penelitian tahun 2008, lemon juga memiliki kemampuan antibakteri.

Campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh jus lemon segar. Oleskan ke wajah Anda, dan biarkan sampai masker mengering. Angkat dengan air hangat dan keringkan.

Selamat mencoba Scarf Lover!

 

Sumber: Healthline.com

Translate »