Sering Menggunakan Earphone Terlalu Lama? Kenali Bahayanya!

Mendengarkan lagu maupun radio menggunakan earphone, nyatanya memang mengasyikan serta tidak mengganggu orang sekitar. Namun tahukah Anda dampak pemakaian earphone terlalu lama bagi kesehatan serta bahayanya? Berikut Scarf Media rangkum:

  1. Kerusakan Otak
Sumber : Shutterstock

              Penggunaan earphone secara berlebihan dklaim dapat menyebabkan permasalahan pada otak. Hal ini karena telinga terhubung langsung dengan otak, sehingga saat telinga terjadi infeksi maka dapat mempengaruhi otak juga. Alangkah baiknya, Scarflover cukup mendengarkan musik dengan menggunaan earphone tidak lebih dari 60 menit per hari, tidak melebihi 60 persen dari volume maksimal.

  1. Radiasi
Baca juga  Tidak Makan Daging Ternyata Ada Manfaatnya
Sumber : Shutterstock

Menurut PC Magazine, semua smartphone serta headset Bluetooth memiliki pancaran radiasi walaupun tidak besar, tetapi jika hal ini tidak dicegah, maka akan menyebabkan bahaya jangka panjang seperti kanker, paparan radiasi terhadap kepala, autism, tumor otak, sampai kerontokan rambut.

  1. Tempat berkumpulnya kuman
Sumber : Shutterstock

Charles Gerba selaku Profesor Mikrobiologi Universitas Arizona menyatakan bahwa earphone jauh lebih banyak menyimpan kumat dibandingkan kursi toilet. Jadi, selalu jagalah kebersihan earphone Scarflover dengan membersihkannya secara berkala agar penumpukan penyakit, bakteri, virus dapat diminimalisir.

  1. Kehilangan Pendengaran
Sumber : Shutterstock

Kerusakan telinga yang diakibatkan penggunaan earphone secara berlebihan akan muncul secara perlahan. Umumnya hal ini mulai dirasakan saat usia 20-an, dimana si penderita mulai kehilangan pendengarannya.

  1. Radang
Baca juga  Makan di Restoran Saat New Normal, Ini Tips Aman yang Harus Diperhatikan
Sumber : Shutterstock

Pemakaian earphone yang terlalu sering bisa mengakibatkan radang telinga, dimana nantinya telinga akan berdenging, sehingga dapat membuat telinga rusak secara permanen, karena peradangan yang berubah menjadi kronis.

Cara yang tepat untuk mengurangi kerusakan pendengaran bisa dilakukan dengan cara mengurangi volume suara, serta mengurangi waktu penggunaan earphone. Bagaimana Scarflover? Apakah masih ingin tetap menggunakan earphone dengan waktu yang lama?

(Penulis : DA)

Translate »