5 Amalan Ibadah Yang Dikerjakan Pada Bulan Muharram

1 September 2019 akan menjadi Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H. Bulan Muharram merupakan bulan yang penuh berkah dengan segudang ladang pahala. Pada bulan ini Scarflover dapat melakukan berbagai ibadah sunnah yang dengan ketentuan yang dianjurkan oleh Al-Quran dan Hadist.

Scarfmedia rangkum beberapa amalan yang Scarflover dapat lakukan pada bulan Muharram ini.

1. Perbanyak Dzikir dan Membaca Al – Quran

sumber: islami.co

Pada bulan Muharram ini dianjurkan untuk Scarflover perbanyak berdzikir, membaca Al – Quran dan amalan soleh seperti bersedekah dan berzakat. Di bulan ini pahala akan dilipat gandakan dan Scarflover dapat mengdekatkan diri pada Allah SWT.

2. Puasa Sunnah Asyura

sumber: 1health.id

Puasa Sunnah Asyura dikerjakan pada setiap tanggal 10 Muharram. Seperti yang sudah dituliskan dalam Hadist. “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. (H.R. Muslim (11630)). Dengan mengerjakan puasa sunnah ini Scarflover bisa mendapatkan pahala dan juga dosa selama satu tahun sebelum akan terhapuskan.

Baca juga  Sajikan Hidangan Yang Lezat Dengan Knorr Mushroom and Vegetable Seasoning

3. Puasa Sunnah Tasu’a

sumber: blog.tanihub.com

Puasa sunnah Tasu’a yang dikerjakan pada tanggal 9 Muharram ini diperuntukkan untuk menyelisihi puasa orang Yahudi Ahli Kitab. Seperti yang tertulis dalam hadist “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani” (Ibnu Abbas). Maka beliau bersabda, “Kalau begitu tahun depan Insya Allah kita akan berpuasa juga pada hari kesembilan (Tasu’a, untuk menyelisihi Ahli kitab)” (HR. Muslim).

Baca juga  Singapura, Surga Tersembunyi Bagi Kolektor Barang Antik

4. Menyantuni Anak Yatim

sumber: lostpacker.com

Pada hari Asyuro atau tgl 10 Muharram menjadi hari penuh berkah untuk Scarflover yang akan menyantuni anak yatim. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi “Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, di hari Asyuro’ (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat.”

5. Melakukan Muhasabah dan Taubat

sumber: markazinayah.com

Perbanyaklah muhasabah dan taubat pada bulan Muharram ini. Inn syaa allah dosa – dosa yang dikerjakan akan luntur dan diganti dengan keberkahan oleh Allah SWT.

(Penulis: DP)

Translate »