4 Cara Menurunkan Lemak Darah Setelah Lebaran

Opor, Rendang, Gulai, dan makanan enak lainnya telah dinikmati pada saat Hari Raya. Bahan – bahan dalam makanan tersebut mayoritas menggunakan santan dan daging yang mengandung banyak lemak.  Bahaya mengkonsumsi lemak berlebih dapat mengakibatkan lemak darah meningkat dan dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari Kolesterol, Jantung, dan Stroke.

Lemak darah dibagi menjadi 2 yaitu ada lemak darah baik dan jahat, yang membuat penyakit dalam tubuh yaitu karena tingginya lemak darah jahat. Lemak darah jahat yang tinggi dapat kita atur dan diturunkan secara bertahap, dengan pola hidup yang sehat dan rutin makan – makanan yang sehat.

Baca juga  Selebgram Langit yang Viral “Bilal bin Rabah”

Beberapa pola hidup sehat untuk membantu mengatasi lemak darah tinggi.

1.Olahraga

Berolahraga secara teratur seperti melakukan aerobic, jogging, bersepeda, atau berenang dapat membantu penurunan lemak darah dalam tubuh. Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

2. Makanan Berserat

Makan lebih banyak buah, sayur, dan juga makan tinggi serat seperti oat, karena serat yang terkandung dalam gandum, buah, dan sayur sangat mudah larut dalam air, sehingga dapat menurukan kadar lemak darah jahat dalam tubuh. Jika scarflover ingin makanan yang digoreng lebih baik menggoreng dengan memakai minyak yang mengandung antioksidan dan alfalinoleat seperti minyak zaitun, minyak kacang tanah, dan minyak canola.

3. Banyak Konsumsi ikan

Baca juga  Makan di Restoran Saat New Normal, Ini Tips Aman yang Harus Diperhatikan

Konsumsi ikan yang mengandung minyak omega 3 seperti Makarel, Salmon, dan Haring juga dapat membantu penurunan lemak darah jahat, karena asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kadar lemak darah baik dalam tubuh.

4. Berhenti Merokok

Nikotin dalam rokok dapat meningkatkan Trigliserida, lemak darah jahat, dan menurukan lemak darah baik. Trigliserida berfungsi sebagai sumber energi untuk proses metabolisme. Jika Trigliserida meningkat akan menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah yang akan mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Hindari pula asap rokok.

Translate »