Tidak Selamanya Bagus, Simak Bahaya Diet Bagi Tubuh

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh bagus yang ideal. Berbagai cara juga dilakukan guna mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, slaah satunya diet. Namun, sayangnya tidak semua diet bagus bagi kesehatan tubuh bahkan ada yang cenderung membahayakan.

Dalam hal ini, berat badan yang justru gampang naik dan turun justru paling berbahaya. Berikut beberapa efek negative dari diet yang mungkin sedang Anda jalani:

Gula darah turun terlalu banyak

Saat melakukan diet, sering kali kali kita melewatkan berbagai porsi makanan salah satunya karbohidrat. Sayangnya, hal ini justru membuat gula darah turun dan berpengaruh pada nafsu makan dan ketidakseimbangan nutrisi. Hormon lapar nilah yang kemudian akan lebih tinggi dan membuat kita makan berlebihan.

Baca juga  Gene Solutions Hadirkan Inovasi Kesehatan Berupa NIPT dan SPOT-MAS

Mempengaruhi jantung

Berpantang pada satu kelompok makanan saat diet ternyata buruk bagi jantung. Hal ini lantaran tubuh menjadi kekurangan nutrisi tertentu. Misalnya saja pada diet keto yang memiliki pola makan rendah karbohidrat. Akibatnya kita akan kehilangan nutrisi dari sayuran, buah, dan juga gandum utuh.

Baca juga  Goodbye, Keriput! 6 Makanan Ini Baik untuk Mencegah Penuaan Dini

Gangguan tidur

Anemia merupakan kondisi yang sering ditemukan pada orang yang diet ketat. Gejala utamanya adalah lemah dan kelelahan, sulit konsentrasi, dan detak jantung lebih cepat. Di sisi lain, mengasup banyak karbo sebelum tidur juga berdampak sama. Semakin kita sulit tidur, makin banyak tubuh memproduksi hormon stres (kortisol).

Gangguan pencernaan

Normalnya, usus kita adalah rumah bagi tiriliunan bakteri sehat yang berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh sampai mengatur metabolisme. Namun, diet yoyo akan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat.

Translate »