Efek Samping Positif yang Mengejutkan Minum Teh Hijau

Teh hijau diketahui memang memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Di luar berbagai manfaat kesehatan yang terkenal seperti pencernaan yang lebih baik dan bahkan perasaan tenang, penelitian terbaru telah menyarankan bahwa teh hijau dapat dikaitkan dengan hasil kesehatan positif lainnya.

Dilansir dari eatthis.com, di bawah ini merupakan lima efek samping potensial teh hijau yang dapat dimiliki pada tubuh Anda.

  1. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung

Beberapa penelitian yang telah diterbitkan dalam 10 tahun terakhir telah menyarankan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (buruk) Anda. Bahkan, satu penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam Jurnal Kardiologi Preventif Eropa menemukan bahwa peminum teh kebiasaan (memiliki minuman setidaknya tiga kali seminggu) 20% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung dan mengalami stroke. Selain itu, teh hitam maupun hijau dikemas dalam polifenol, yang secara alami terjadi senyawa yang diketahui meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) serta mengurangi peradangan. Namun, beberapa penelitian akan menyarankan bahwa teh hijau mungkin memiliki efek yang lebih besar pada kesehatan kardiovaskular.

  1. Dapat membantu mencegah tumor atau kanker
Baca juga  Benarkan Daging Wajib Dicuci?

Ya, teh hijau juga dapat membantu atau mencegah tumor atau kanker. Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications mengungkapkan bahwa senyawa tertentu dalam teh hijau yang disebut epigallocatechin galat (EGCG) dapat menghambat proses yang menonaktifkan P53-alif, protein yang bertanggung jawab untuk menekan tumor dan memperbaiki DNA.

Image: unsplash
  1. Menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke

Potensi lain yang mengejutkan dari minum teh hijau adalah dapat membantu Anda pulih dari stroke atau serangan jantung. Itu benar, menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Stroke, para penyintas stroke yang minum setidaknya tujuh cangkir teh hijau setiap hari memiliki risiko kematian 62% lebih rendah dari sebab apa pun. Korban serangan jantung juga memangkas risiko kematian mereka dari sebab apa pun dengan kekalahan 53%. Namun, pada dasarnya minum tujuh cangkir teh hijau per hari tidak layak bagi banyak orang. Jadi, cobalah minum satu hingga dua cangkir teh hijau per hari bersama dengan makan makanan sehat jantung serta berolahraga secara teratur.

  1. Dapat meningkatkan harapan hidup Anda
Baca juga  Ternyata Tertawa Dapat Meningkatkan Kesehatan

Meminum teh hijau juga dapat membantu meningkatkan harapan hidup. Sebuah penelitian 2020 yang dilakukan pada lebih dari 100.000 peserta menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau minimal tiga kali seminggu, hidup sekitar satu tahun dan tiga bulan lebih lama dari mereka yang tidak meminumnya. Namun, temuan hanya memanfaatkan studi observasional antara minum teh hijau dan umur panjang. Intinya, teh hijau mungkin bukan satu-satunya tiket ke kehidupan yang lebih panjang, bagaimanapun, mengapa tidak mencoba dan membuatnya berusaha untuk minum cangkir tiga kali seminggu sebagai bentuk perawatan diri secara umum?

Itulah tadi 4 Efek Samping yang Mengejutkan Dari Minum Teh Hijau. Semoga membantu, Scarf Lover.

(AR)

Translate »