Penyebab Milia Pada Wajah dan Pilihan Perawatannya

Pernahkah Anda memiliki benjolan putih atau kekuningan di permukaan kulit? Benjolan kecil tersebut dinamakan milia atau bitnik susu. Milia sering ditemukan pada bayi dan orang dewasa. Meski tidak mengganggu, milia merupakan jenis kista kecil yang perlu diperhatikan agar tidak semakin menyebar dan semakin banyak jumlahnya pada wajah Anda.

Milia disebabkan adanya kulit mati yang terperangkap di pori-pori dekat dengan permukaan kulit. Jika kulit mati tersebut tidak dapat keluar, maka akan terjadi penumpukan sehingga menjadi kista kecil yang disebut milia. Namun, ada pula milia yang muncul karena saluran keringat yang tersumbat oleh sesuatu benda asing. Milia jenis tersebut biasanya disebabkan oleh perawatan laser, pengelupasan kulit dan herpes, atau gaya hidup yang tidak sehat.

Namun, jangan terlalu khawatir karena milia dapat hilang dengan sendirinya dalam hitungan beberapa minggu atau bulan. Tapi, jika Anda ingin menghilangkan milia hingga ke akarnya ada jenis perawatan yang dapat Anda lakukan.

Baca juga  4 Hijab Mist Yang Membuat Hijab Wangi Selama Liburan

Perawatan untuk menangani milia adalah dengan melakukan perawatan bersama ahli kulit. Biasanya untuk menghilangkan milia diperlukan sayatan untuk mengeluarkan milia, lalu milia akan dikeluarkan dengan alat tusuk jarum atau ekstraktor komedo.

Pencegahan Milia

Milia sangat umum terjadi pada siapa saja, namun untuk selalu memiliki penampilan yang maksimal Anda harus melakukan trik pencegahan agar milia tak mengganggu kulit wajah Anda. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk mencegah milia, yaitu

1. Bersihkan Wajah

Pastikan untuk membersihkan make-up Anda sebelum tidur. Jika sebelumnya Anda menggunakan make-up yang berat, maka lakukanlah teknik pembersihan ganda sebelum tidur. Langkah pertama adalah hapus riasan Anda dengan pembersih berbahan dasar minyak untuk membersihkan make-up dengan sempurna. Setelah itu, cobalah untuk memijat wajah Anda untuk menghilangkan kotoran yang masih tersisa. Langkah terakhir adalah bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka.

Baca juga  Final Sale Muslimah Creative Online Fest 2020

 2. Acid Exfoliation

Acid Exfoliation sangat berguna untuk mencegah munculnya milia pada wajah. Carilah eksfoliator yang mengandung AHA dan BHA. Lalu gunakan secara rutin tiga kali seminggu. Jangan lupa untuk rutin melalukan perawatan scrub pada wajah Anda untuk membersihkan sel kulit mati seta menjaga pori-pori agar tetap bersih dan kencang.

3. Retinol

Retinol jugadapat digunakan untuk mencegah penumpukan sel kulit mati yang mengarah ke kista awal. Namun pastikan untuk tidak menggunakan retinol pada daerah bawah mata ya, karena hal tersebut akan menyebabkan iritasi.

4. Pilihan Gaya Hidup

Ubahlah gaya hidup kurang baik Anda menuju gaya hidup yang lebih sehat, seperti dengan membatasi asupan makanan yang tinggi kolesterol dan selalu menambahkan suplemen vitamin D. Hal lain yang dapat dilakukan adalah menghindari make-up atau skincare yang mmebuat kulit Anda berminyak dan menghindari paparan sinar matahari serta polusi.(NP)

 

Translate »