Ini Yang Akan Terjadi Saat Anda Lupa Menghapus Makeup Saat Tidur!

Seperti yang sudah sering dibahas, membersihkan wajah jadi salah satu hal paling wajib untuk dilakukan para perempuan terutama setelah memakai makeup sepanjang hari. Namun, biasanya usai beraktivitas seharian yang melelahkan, tidur juga merupakan godaan terbesar untuk menutup hari yang panjang. Saking merasa lelah, pasti diantara kita pernah atau bahkan sering lupa untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran.

Kalau sudah begitu, biasanya Anda akan tertidur pulas dengan kondisi makeup yang masih tertinggal pada wajah. Padahal, tidur dengan makeup dan kotoran sangat tidak dianjurkan oleh semua dermatologist atau ahli kesehatan kulit, karena efeknya yang sangat buruk untuk memicu masalah baru pada wajah lho. Penasaran apa saja? Berikut rangkumannya.

Muncul Jerawat dan Kerutan Pada Wajah

Tertidur dengan kondisi makeup dan kotoran yang masih menempel pada wajah memang hanya akan memunculkan masalah baru pada kulit wajah salah satunya jerawat. Sisa kotoran yang tidak dibersihkan pada wajah, kemudian akan berakumulasi dan menghambat kulit untuk bernafas. Hal inilah yang menyebabkan minyak dan sel kulit mati membentuk blokade yang menutup pori-pori, sehingga menjadikan jerawat bermunculan di mana-mana.

dok by freepik com

Selain jerawat, masalah lain yang akan Anda alami jika Anda sering tertidur dengan kondisi wajah kotor ialah munculnya kerutan. Gas, asap, hingga debu dari lingkungan perkotaan yang Anda lalui setiap harinya ternyata dapat menyebabkan radikal bebas pada kulit. Jika tidak dibersihkan sebelum tidur, hal ini akan berdampak pada inflamasi yang memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada wajah.

Baca juga  Maksimalkan Penggunaan Skincare dengan Jade Roller

Wajah Menjadi Kusam

Tak hanya jerawat dan kerutan yang akan jadi masalah Anda, namun jika Anda terlalu sering melupakan kebersihan wajah sebelum tidur, siap-siap saja jika wajah Anda akan berubah menjadi lebih kusam. Hal ini disebabkan dari kotoran dan makeup yang tidak dibersihkan terlalu lama dan berubah menjadi sel kulit mati pada permukaan wajah. Pada pagi hari, Anda akan dikejutkan dengan wajah kusam dan tampak tidak bercahaya!

Menghambat Regenerasi Kulit

Tidur merupakan waktu yang paling tepat untuk regenarasi kulit dapat terjadi secara sempurna. Namun, regenerasi kulit tak akan terjadi jika Anda tertidur masih dengan kondisi makeup yang menempel,karena kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori dan regenarasi kulit pun jadi ikut terhambat.

Timbul Iritasi Pada Mata

Tak hanya pada kulit wajah, rupanya rangkaian makeup yang lupa Anda bersihkan sebelum tidur juga berdampak buruk  pada organ tubuh lain Anda salah satunya adalah mata. Mata merupakan salah satu bagian wajah yang sensitif.

Baca juga  Kiat Makeup 5 Menit untuk Persiapan Meeting Online
dok by freepik com

Membiarkan maskara dan produk riasan mata lainnya masih menempel saat Anda tidur hanya akan membuat mata iritasi bahkan bisa terjadi infeksi. Wah, Jangan sampai ya!

Bulu Mata Menjadi Cepat Rontok

Selain akan menimbulkan iritasi pada mata, maskara yang Anda lupa bersihkan menjelang tidur juga akan berdampak pada kesehatan bulu mata, lho. Membiarkan maskara menempel semalaman hanya akan membuat bulu mata menjadi lebih rapuh dan membuatnya cepat rontok.

Bibir akan Menghitam dan Mengelupas

Semua perempuan tentu memiliki bibir impian yang terlihat sehat dan senantiasa lembap. Namun, bibir impian tersebut tidak akan Anda dapatkan jika Anda masih sering mengulangi kebiasaan membersihkan makeup sebelum tidur. Karena salah satu yang menyebabkan bibir menghitam dan kering hingga mengelupas adalah sisa-sisa lipstik yang menempel pada bibir dan dibiarkan terlalu lama.

dok by freepik com

Untuk itu, selalu bersihkan makeup-mu sebelum tidur ya, scarf lover. Kalau perlu, Anda bisa coba untuk melakukan double cleansing atau triple cleansing demi wajah Anda bersih secara sempurna dari makeup dan kotoran sebelum tidur! (FIA)

 

 

 

 

Translate »