Simak Bagaimana Langkah Mudah Memilih Kosmetik Halal

Kosmetik memang menjadi produk yang tak asing lagi bagi para perempuan. Apalagi untuk saat ini, brand-brandkosmetik terbaru dari luar negeri maupun lokal seakan tak ada habisnya bermunculan di pasaran. Dengan menawarkan harga yang terjangkau dan segudang manfaatnya yang baik bagi kulit, masing-masing brandberlomba mencuri perhatian konsumen.

Namun, sebagai seorang muslima, tentunya Anda tak boleh asal pilih produk kosmetik. Banyak hal yang perlu jadi pertimbangan untuk memastikan produk kosmetik yang Anda pilih tersebut halal dan aman dipakai. Karena kosmetik digunakan pada permukaan kulit dan memiliki kemungkinan terserap masuk melalui pori kulit, maka kosmetik maupun perawatan kecantikan apapun yang dipakai harus benar-benar bersih dari segala kandungan atau bahan yang diharamkan dalam hukum Islam. Karena jika sampai Anda kurang cermat memilih kosmetik yang halal, bisa jadi produk yang Anda gunakan selama ini ternyata hanya mengganggu ibadah Anda.

Untuk meghindari hal tersebut, berikut telah kami rangkum bagaimana langkah mudah memilih kosmetik yang halal untuk Anda!

1. Perhatikan Komposisi Bahan dan Proses Pembuatannya

Langkah pertama ini hukumnya wajib diperhatikan oleh semua muslima sebelum memilih produk kosmetik.  Produk halal dan nonhalal dapat dibedakan dari kandungan dan proses pembuatannya. Berdasarkan kandungannya, selalu pastikan terlebih dahulu produk yang Anda pilih tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri dan hidroquinonatau mengandung unsur najis serta haram lainnya. Komponen non halal seperti ini memang agak trickyuntuk dikenali karena istilahnya cukup asing bagi kita. Agar lebih mudahnya, Anda bisa pastikan untuk selalu memilih produk berlabel ‘animal cruelty free’yang berarti produk tersebut bebas dari tindak kekerasan terhadap hewan, baik dalam uji coba, komposisi bahan hingga proses produksi.

Baca juga  5 Tips ‘No Makeup’ Makeup Look, Cocok untuk Lebaran

Sementara berdasarkan proses pembuatannya, Anda juga harus memastikan produk tersebut dibuat dengan cara yang halal. Karena bisa jadi karena salah cara pembuatannya, maka produk tersebut menjadi tidak halal lagi. Selain itu, produk yang ilegal, atau pabriknya diketahui melanggar hukum atau curang dalam pembuatannya, produk tersebut juga lebih baik Anda hindari.

 

2. Lihat Label Halal

Selain perhatikan komposisi bahannya, Anda juga wajib untuk pastikan label MUI tercetak pada kemasan. Agar lebih meyakinkan lagi, Anda bisa cross checkkembali pada aplikasi HalalMUI untuk mengetahui secara jelas apakah produk tersebut benar-benar halal atau tidak. Ini dilakukan karena hingga kini kabarnya semakin banyak produsen nakal yang asal mencantumkan label halal pada produknya.

Baca juga  Tanpa Sadar, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambut Lembap Terus, lho!

 

3. Cari Tahu Identitas Produsen

Produsen yang terpercaya biasanya akan mencantumkan nama dan alamat pada kemasan, serta nomor telepon atau websiteresmi untuk layanan pertanyaan atau keluhan konsumen. Jangan sampai Anda hanya tergiur dengan klaim yang ditawarkan produknya tanpa tahu jelas identitas produsen.

 

4. Pilih Yang Mudah Dibersihkan

Hal penting lainnya dari memilih kosmetik halal adalah pilih yang mudah dibersihkan dan pastikan bahwa produknya tembus air wudhu. Apalagi jika produk kosmetik tersebut memiliki label “waterproof“, ini artinya Anda harus lebih memastikan bahwa produk tersebut tetap tembus air wudhu meskipun tahan air. Karena ketika maskara atau eyelinertidak tembus air, artinya ada bagian tubuh Anda yang tidak terkena wudhu sehingga wudhu kita bisa dinilai tidak sah dan ibadah pun tidak akan sempurna.  (FIA)

Translate »