Jelajahi Surga Tersembunyi di Maluku Yang Tak Kalah Dengan Wisata Internasional

Berwisata pantai hingga mengenal sejarah!

84

Bicara mengenai pesona Indonesia memang tak ada habisnya. Deretan pulau di Indonesia bagian timur bagaikan ‘surga tersembunyi’ yang menyimpan berbagai tempat wisata yang sangat memesona , yang mungkin tak sepopuler Bali dan Lombok.

Sebut saja Maluku, provinsi tertua di Indonesia bagian timur yang terkenal sebagai penghasil intan ini memang menyimpan kekayaan alam dan tempat wisata yang tak terbatas. Mulai dari situs sejarah sampai deretan pesona bahari siap memanjakan mata Anda, tentunya juga dapat Anda jadikan referensi dalam list liburan akhir tahun ini.

Penasaran apa saja? berikut 4 tempat wisata di Maluku bak surga tersembunyi yang wajib Anda ketahui!

1. Pulau Kai

Pulau Kai sering disebut-sebut sebagai pantai ‘primadona’ di Maluku. Pasir yang sangat halus, putih, dan bersih juga air laut yang biru menyatu dengan pemandangan pohon-pohon kelapa yang hijau di tepi pantai melengkapi keindahan pulau yang satu ini, tak heran jika pulau ini menjadi primadona di Maluku. Tak hanya itu, di Pulau Kai Anda juga bisa menjelajahi desa-desa tradisional yang sangat menarik untuk Anda explore.

dok by instagram @maluku_punya

 

2. Pantai Ora

Ora beach atau Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan suasana yang damai dengan pemandangan alam khususnya pantai yang sangat indah.

Pantai Ora menjadi satu lagi bukti untuk para wisatawan di luar sana bahwa Indonesia mempunyai pantai yang tak kalah indah dengan pantai di manca negara. Menawarkan keindahan alam yang tiada duanya, pesona keindahan pantai ini layak disejajarkan dengan pantai-pantai indah manca negara seperti Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik.

dok by instagram @megaiskanti

 

3. Benteng Belgica

Maluku memang selalu membuat rindu bagi siapapun yang sudah pernah mengunjunginya. Di Maluku, tak hanya wisata bahari yang dapat Anda nikmati, melainkan peninggalan sejarah pada masa penjajahan juga bisa Anda telusuri , salah satunya adalah Benteng Belgica.

Benteng yang satu ini merupakan peninggalan bangsa Portugis yang dibangun pada abad ke 16.  Benteng ini berada di atas perbukitan Tabaleku di sebelah barat daya Pulau Banda Naira dan terletak pada ketinggian 30,01 meter dari permukaan laut. Konon katanya benteng ini merupakan gambar benteng yang ada di selembar uang seribu rupiah lho.

Uniknya lagi, benteng ini  memiliki gaya bangunan persegi lima yang berada di atas bukit, namun apabila dilihat dari semua penjuru niscaya hanya akan terlihat 4 buah sisi, tetapi kalau dilihat dari udara nampak seperti bintang persegi atau mirip dengan Gedung Pentagon di Amerika Serikat. Karena hal itu, benteng ini dijuluki The Indonesian Pentagon.

Berjalan-jalan di sekitar benteng ini sangat menyenangkan, membawa Anda seakan berada di zaman masa kolonial tempo doeloe. Dari benteng ini, Anda juga dapat menikmati keindahan Banda Neira dari atas benteng yang akan membuat Anda terpukau akan keindahan Banda.

dok by instagram @maluku_punya

 

4. Menara Suar Desa Saria

Viewing point ini berada di Desa Saria di Tanjung Bobo. Untuk sampai ke puncak menara, Anda perlu trekking dahulu sekitar 30 hingga 45 menit. Saat menaiki tangga-tangga kecil meski belum sampai di puncak menara,  Anda sudah dapat menikmati rimbunnya pepohonan dan birunya laut di teluk Jailolo dari ketinggian.

dok by instagram @maluku_punya

 

Jadi, diantara 4 pilihan wisata di Maluku seperti yang sudah dibahas, kira-kira mana yang akan jadi tujuan wisata Anda selanjutnya, scarf lover? (FIA)