Cari Tahu Alasan Mengapa Mencuci Kuas Makeup Itu Penting!

Bagi Anda yang rutin memakai makeup setiap hari, tentu kuas makeup menjadi salah satu barang penting yang hampir selalu Anda gunakan juga sehari-hari. Karena dengan bantuan kuas makeup, aplikasi makeup  dinilai menjadi lebih mudah, dan hasil pulasannya pun lebih membaur dan menyatu dengan baik.
Namun, karena pemakaiannya yang cukup sering, apalagi kuas makeup adalah bagian yang paling sering bersentuhan dengan makeup dan kulit kita, untuk itu sangat mudah bagi kuas makeup tersebut untuk menjadi sarang kuman, terlebih jika Anda jarang mencucinya.
Dengan membiarkan kuas makeup yang Anda pakai tetap kotor,  hal tersebut bisa membuat bakteri menumpuk pada peralatan makeup dan membuat wajah Anda menjadi lebih rentan terhadap jerawat dan masalah kulit lainnya. Bahkan, kuas makeup yang kotor bisa membawa dampak alergi dan mengundang penyakit kulit yang lebih parah.

Tak hanya akan membahayakan kesehatan kulit, ternyata kuas makeup yang dibiarkan kotor terlalu lama juga akan merusak kuas makeup yang Anda miliki. Mengapa? karena sisa-sisa makeup terutama yang teksturnya creamy seperti foundation, akan tetap menempel dan akhirnya mengering pada kuas makeup, dan hal tersebut akan membuat bulu-bulu kuas makeup Anda rusak, meskipun kuas makeup yang mahal sekalipun. Sayang sekali kan?
Karena itu mulailah untuk menerapkan mencuci kuas makeup sebagai gaya hidup sehat merawat wajah dan kuas makeup Anda dari sekarang!
Perlu diingat juga, saat tengah mencuci kuas makeup pun Anda harus berhati-hati memilih cara untuk mencuci kuas makeup, karena jika Anda salah menerapkan cara yang tepat, bukannya jadi bersih, bisa-bisa kuas makeup Anda justru jadi rusak.
Namun Anda jangan khawatir, sebab kami telah merangkum beberapa tips mencuci kuas makeup secara tepat yang mudah dan bisa Anda lakukan di rumah. Apa saja?
1. Pilih sampo bayi untuk mencuci kuas
Pada dasarnya kuas makeup memang bisa dibersihkan dengan pembersih apapun. Tapi, lebih baik Anda gunakan pembersih tanpa pewangi. Karena ditakutkan pewangi dalam pembersih akan menimbulkan iritasi jika terkena kulit Anda.
Sampo bayi diketahui memiliki formula yang lembut dan tidak mengandung begitu banyak pewangi, bahkan ada sampo bayi yang sama sekali tidak mengandung pewangi.
Cara membersihkan kuas makeup dengan sampo bayi juga sangat mudah, Anda hanya tinggal menuangkannya di telapak tangan, mencuci kuas makeup, lalu keringkan dengan meletakkan kuas di atas meja atau bangku dengan posisi helai kuas di tepi luar agar lebih cepat kering. Atau lebih mudahnya Anda bisa menggantungkan kuas menggunakan brush hanger.
2. Coba gunakan brush egg
Jika Anda ingin membersihkan kuas makeup dengan cara yang lebih simple, tidak ada salahnya Anda coba gunakan brush egg. Salah satu produk inovasi yang berfungsi untuk membersihkan kuas makeup dengan mudah ini memiliki bentuk yang unik dan bergerigi sehingga membantu membersihkan kuas makeup Anda.
Dok. Masami Shouko
Brush egg ini juga terbuat dari bahan silicone yang aman dan berkualitas dan dilengkapi tempat untuk jari tangan sehingga mudah untuk Anda gunakan.
3. Manfaatkan minyan zaitun
Cara lain untuk membersihkan kuas makeup selain dengan menggunakan sampo bayi adalah dengan minyak zaitun. Apalagi Anda yang suka menggunakan kuas makeup kecil untuk gel eyeliner, cara yang satu ini perlu dicoba.

 

Baca juga  Halau Ultraviolet Dengan Sunscreen Pilihan
Pixabay
Tak jauh berbeda dengan cara mencuci kuas makeup menggunakan sampo bayi, Anda cukup beri minyak zaitun pada ujung kuas, lalu bilas dengan air sampai bersih. Kemudian serap sisa air menggunakan handuk kecil atau tisu, lalu diamkan kuas sampai kering kembali. (FIA)
Translate »