Hati-Hati! Ini 3 Kandungan Sunscreen Berbahaya yang Sering Ditemui

Bahkan merusak terumbu karang

20

FDA ( Food and Drug Administration) Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat merilis pernyataan baru tentang keamanan sunscreen (tabir surya). Berikut beberapa kandungan berbahaya yang sebagian besar ditemukan pada sunscreen.

Image : freepik
  1. Oxybenzone

Oxybenzone adalah zat berbahaya yang dapat mengganggu hormon pada sistem endokrin Anda. Bahan kimia ini telah terbukti menurunkan kadar testosteron pada pria dan meningkatkan risiko endometriosis pada wanita. FDA melaporkan bahwa kandungan sunscreen cepat menyerap melalui kulit dan bertahan selama berminggu-minggu. Selain itu, oxybenzone juga berdampak buruk bagi habitat terumbu karang.

 

  1. Octinoxate

Toksin ini mengganggu endokrin dan dapat mempengaruhi kesuburan serta fungsi tiroid. Bahkan sangat mudah masuk ke dalam aliran darah dan berdampak buruk bagi kualitas ASI.

 

  1. Warna Sintetis

Wewangian sintetis biasanya ditambahkan ke sunscreen untuk memberikan aroma yang menarik. Sementara dalam daftar data transparansi International Fragrance Association (IFRA), yang mencakup lebih dari 4000 bahan. Dimana banyak kandungan yang diklasifikasikan sebagai karsinogen. Kemudian, efek samping dari wewangian sintetis mampu menyebabkan iritasi kulit dan alergi serta penyakit serius kulit lainnya.